Museum Kretek Kudus Tawarkan Fasilitas Kolam Renang Untuk Anak-anak

Foto: Kolam renang yang berada di Museum Kretek Kudus

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Museum Kretek yang terletak di Jalan Getas Pejaten No.155, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus selain menawarkan koleksi sejarah tentang kota kretek, juga dilengkapi dengan fasilitas hiburan anak-anak berupa kolam renang.

Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Kudus Yusron mengatakan, Museum Kretek sebagai salah satu destinasi edukasi wisata (eduwisata) di Kabupaten Kudus, tidak hanya menghadirkan ruang display yang berisikan sejarah dan koleksi tentang kretek saja.

“Ada juga fasilitas hiburan untuk anak-anak, berupa dua titik kolam renang yang bisa digunakan oleh para pengunjung dengan sepuasnya, hanya dengan membayar Rp 15 ribu,” ungkapnya kepada Samin News, Senin (5/6/2023).

Menurut Yusron, kehadiran kolam renang tersebut sukses menarik animo masyarakat untuk datang berkunjung. Bahkan di luar hari libur sekalipun. Sehingga, secara otomatis memberikan dampak kenaikan pada jumlah pengunjung tiap harinya.

“Jumlah pengunjung di Museum Kretek itu masih di bawah 50 orang di hari biasa. Kalau hari Minggu atau tanggal merah sekitar 100-an,” ujarnya.

Salah satu yang mendukung kenaikan jumlah pengunjung di Museum Kretek, kata dia, memang karena ada kolam renang. Bahkan, beberapa anak sengaja datang ke Museum Kretek hanya untuk bisa menikmati kolam renangnya.

“Kendati demikian, anak jadi terbiasa menikmati wisata di dalam kota, tidak yang apa-apa harus ke luar kota wisatanya. Sekalian edukasi dan belajar sejarah juga di sini,” terangnya.

Diketahui saat ini terdapat dua titik kolam renang yang berada di Museum Kretek. Untuk yang pertama, kolam renang dengan kedalaman air 120 sentimeter. Kedua, ad kolam renang dengan kedalaman air 50 sentimeter.

Para pengunjung akan dikenakan tarif tiket masuk Rp 4 ribu untuk hari biasa dan Rp 5 untuk hari Minggu dan hari libur nasional. Sementara untuk akses kolam renang yang dapat dinikmati sepuasnya, akan dikenakan tarif sebesar Rp 15 ribu

“Tiket masuk museum itu bisa kemana saja, karena disini tidak hanya ruang koleksi kretek saja tapi ada rumah adat joglo, omah kapal, dan lain-lain. Kalau kolam renang kita kenakan biaya tambahan Rp 15 ribu lagi,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Foto: Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Darsono saat ditemui di sela kesibukannya. Previous post Akibat Gonta-ganti Pasangan, Tujuh Ibu Hamil di Kudus Tertular Sifilis
Sisa material bangunan warung di Margorejo usai dibongkar Next post 7 Warung Prostitusi di Margorejo Dibongkar
Social profiles