Akibat Gonta-ganti Pasangan, Tujuh Ibu Hamil di Kudus Tertular Sifilis

Foto: Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Darsono saat ditemui di sela kesibukannya.

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Akibat gonta-ganti pasangan, Tujuh Ibu Hamil di Kabupaten Kudus tertular penyakit sifilis atau raja singa. Bahkan ada juga puluhan warga yang terjangkit penyakit tersebut.

“Penyebabnya, karena seks bebas. Bisa yang bersangkutan melakukan seks bebas, bisa juga suaminya, lalu menularkan kepada ibu hamil tersebut. Sebab, ibu hamil yang tertular sifilis itu bersatatus punya suami,” ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Darsono.

Menanggapi hal tersebut, Darsono mengatakan, dari data tersebut tercatat awal tahun hingga Mei 2023 total sebanyak 67 warga Kudus yang tertular sifilis.

“Pada tahun 2023 ada tujuh ibu hamil di Kudus yang tertular sifilis, tapi penderita sebenarnya didominasi oleh usia remaja,” ujarnya, Senin (5/6/2023).

Diketahui, jumlah kasus sifilis di Kudus sebenarnya stabil tiap tahunnya dan tak ada kenaikan di tahun 2023. Namun, untuk kasus sifilis yang terungkap biasanya yang sudah parah dan penderitanya butuh pengobatan di puskesmas atau rumah sakit terdekat.

“Nah, jadi yang belum parah dan tidak melakukan pengobatan kemungkinan ada. Tapi tidak terdata oleh Dinkes Kudus,” katanya.

Lebih lanjut, untuk DKK Kudus sebenarnya seringkali melakukan beberapa upaya pencegahan agar warga tak tertular penyakit kelamin. Seperti melalui sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat, tentang bahayanya perilaku seks bebas.

“Kami juga sangat rutin melakukan screening. Maka jika ada yang tertular sifilis bisa segera ditangani sejak dini,” terangnya.

Kemudian dirinya memberikan himbauan kepada masyarakat kota kretek agar dapat menghindari perilaku seks bebas. Bagi yang sudah memiliki pasangan diharapkan untuk setia dan tidak diperkenankan gonta-ganti pasangan.

“Bagi yang punya pasangan sah, setialah dan jangan gonta-ganti pasangan, hindari seks bebas,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Previous post Hadapi Libur Sekolah, Museum Kretek Kudus Lakukan Sejumlah Persiapan
Foto: Kolam renang yang berada di Museum Kretek Kudus Next post Museum Kretek Kudus Tawarkan Fasilitas Kolam Renang Untuk Anak-anak
Social profiles