Hasil Sidak, Sejumlah Kebutuhan Pokok di Pasar Puri Kompak Naik

SAMIN-NEWS.com, PATI РTim pengendalian harga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati terdiri dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian  (Disdagperin) serta Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) menemukan sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Puri Baru kompak naik. Hal ini diketahui saat petugas tersebut melakukan sidak pada Senin (26/6/2023) tadi pagi.

Pelaksana monitoring harga Disdagperin Pati, Darmawan mengatakan kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) ini dipengaruhi oleh tingginya permintaan. Selain itu, dalam waktu dekat juga ada hari besar keagamaan yaitu Idul Adha.

Sejumlah Kepokmas pekan ini yang mengalami kenaikan di antaranya komoditas daging ayam, cabe merah keriting, hingga bawang merah.

“Kenaikan itu karena dipengaruhi permintaan barang di pasaran banyak. Kalau permintaan sedikit juga harganya stabil bahkan turun. Selain itu juga dipengaruhi musim panen,” ujarnya kepada wartawan.

Diketahui awal pekan ini, harga daging ayam broiler sebelumnya hanya Rp 35 ribu per kilogram naik menjadi Rp 40 ribu. Lalu, cabe merah keriting dari Rp 28 ribu menjadi Rp 35 ribu dan bawang merah semula hanya Rp 35 ribu sekarang menjadikannya Rp 40 ribu per kilogram.

Tim gabungan dari Disdagperin dan Dispertan Pati tengah sidak ke Pasar Puri Baru, Senin (26/6/2023)
Tim gabungan dari Disdagperin dan Dispertan Pati tengah sidak ke Pasar Puri Baru, Senin (26/6/2023)

Menurut Fungsional Analis Pasar Hasil Pertanian Dispertan Pati, Rusmilah bahwa kecenderungan sejumlah harga Kepokmas naik. Namun demikian, pihaknya memastikan menjelang Hari Raya Idul Adha stok Kepokmas di pasaran aman terkendali.

“Ketersediaan stok aman sih di pasaran tidak ada kelangkaan barang. semua jenis kepokmas aman. Cuma itu hasil sidak harga ayam naik, juga bumbu dapur naik. Kalau barang lainnya stabil,” jelas dia.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Pemkab Pati melepas calon jemaah haji di Pendopo pada 16 Juni kemarin Previous post 3 Calon Jemaah Haji Terpaksa Dipulangkan dari Embarkasi
Camat Margoyoso Agus Purwanto saat memberikan keterangan mengenai persoalan yang membelit Kades Bulumanis Lor, Senin (26/6/2023) Next post Garapan DD Bermasalah, Kades Bulumanis Lor Dinonaktifkan
Social profiles