Desa Karangrowo Gelar Seni Budaya dan Festival Makanan Olahan Kutuk

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus menggelar kegiatan berupa seni budaya dan festival makanan berbahan olahan kutuk, yang digelar di Balai Pertemuan Dukuh Kaliyoso, pada Selasa (6/6/2023). Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Disbudpar Kudus Mutrikah.

Kepala Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan Heri Darwanto menyampaikan, bahwa kegiatan Selasa ini merupakan pagelaran seni budaya dan festival makanan olahan kutuk di Desa Karangrowo, seperti nugget kutuk dan rica-rica kutuk.

“Hari ini kami menampilkan olahan masakan ikan kutuk diantaranya, nugget kutuk, rica-rica kutuk, semur kutuk, asam manis kutuk, mangut kutuk, sate lilit ikan gabus dan lain-lain. Untuk selain makanan ada juga produksi barongan, terasi jowo, anyaman bambu, dan masih banyak lagi,” ujarnya kepada Samin News.

Lebih lanjut, olahan kutuk itu nantinya dapat mengangkat potensi unggulan yang ada di Desa Karangrowo. Selain itu ada juga pelaku UMKM yang hadir sebanyak 36 RT. Festival yang digelar, pihaknya juga bekerja sama dengan Disbudpar Kudus.

“Untuk festival kali ini kami mengadakan lomba untuk menu makanan kutuk khas Desa Karangrowo yang telah bekerja sama dengan pihak Disbudpar Kudus,” tuturnya seusai acara.

Selain lomba masak ikan kutuk antar RT, kegiatan itu dimeriahkan oleh pertunjukan seni tari, seni barongan, dan lomba karaoke antar RT. Ada juga hodrah jipinan, sholawatan, pengajian istighosah, dan acara terakhir yakni pertunjukan seni ketoprak Wahyu Kencono.

Kemudian, pada Rabu (7/6/2023) pihaknya bekerja sama dengan PT Nojorono dalam mengadakan pelatihan pembibitan ikan kutuk selama dua hari. Sehingga diharapkan para warga dapat belajar dengan baik.

“Harapan kedepan Desa Karangrowo harus bergerak untuk bangkit menuju desa wisata. mengingat tahun 2021 kemarin telah mendapatkan SK rintisan desa wisata,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Disbudpar Kudus Mutrikah turut hadir dalam kegiatan yang berada di Desa Karangrowo. Dirinya membeli berbagai macam UMKM khas desa tersebut.

Foto: Tampak beberapa produk UMKM yang ditampilkan pada gelaran seni budaya dan festival makanan di Desa Karangrowo Kudus
Foto: Tampak beberapa produk UMKM yang ditampilkan pada gelaran seni budaya dan festival makanan di Desa Karangrowo Kudus

“Saya membeli minuman wedang jalak. Ini memang kita beri semangat dengan adanya pandemi ke endemi masyarakat dituntut selalu sehat. Sehingga makanan maupun minuman juga harus yang bersifat menyehatkan. Saya juga membeli serondeng berupa makanan yang diambil bahan bakunya dari wilayah Wonosoco. Selain itu saya juga senang makan sejenis ketan,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Previous post Ketum PP Muhammadiyah Tandatangani Prasasti Gedung Crystal Building UMKU
Next post E-Koran Samin News Edisi 6 Juni 2023
Social profiles