Transisi UMKM di Kudus Menuju Sertifikasi Halal

Foto: tampak peserta UMKM Kudus saat mengikuti workshop jaminan produk halal

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Kegiatan Workshop Jaminan Produk Halal yang digelar di Kantor Bupati Kudus itu, yang juga dihadiri oleh Anggota DPR RI Abdul Wachid, Kemenag Kudus dan jajaran lainnya menginginkan UMKM di Kudus agar transisi dalam menuju sertifikasi halal.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Kudus Hartopo mengatakan bahwa dalam workshop tersebut merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Kudus dalam mendulang sertifikasi untuk UMKM.

“Ini sebuah kontribusi untuk pemda agar UMKM di Kudus dapat bersertifikasi halal,” ungkapnya kepada Samin News, Rabu (17/5/2023).

Selain itu, dikatakan Hartopo bahwa untuk antusias para UMKM di Kudus yang mengikuti workshop produk halal ini sangat luar biasa. Tentu hal ini banyak UMKM lainnya juga ingin bergegas untuk menuju sertifikasi halal.

“Sertifikasi halal ini jangan sampai hanya formalitas, yang penting tahapannya ini benar. Karena ini memiliki pengaruh besar dalam syareat Islam,” tuturnya.

Lebih lanjut, dirinya juga meminta agar tim sertifikasi halal betul-betul bisa menswiping dan screening terkait makanan-makanan tertentu.

Kemudian terkait penyembelihan hewan juga harus ada monitoring dan harus betul-betul bisa dipercaya dan jangan asal-asalan. Hal itu bertujuan hewan yang disembelih bisa sehat.

Sementara itu Kepala Kemenag Kudus Suhadi menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan untuk masyarakat, khususnya umat Islam mendapatkan kepastian hukum dan kejelasan tentang produk makanan halal.

Dalam sambutannya, Suhadi juga menyampaikan kepada para perwakilan UMKM di Kudus untuk mengikuti workshop hingga selesai. Karena dengan sertifikasi halal produk tersebut nantinya dalam mendapatkan keberkahan.

“Pastikan produk para UMKM yang hadir mendapat sertifikat halal. Nantinya ketika tidak bersetifikasi halal, maka akan mendapatkan sanksi,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Previous post E-Koran Samin News Edisi 16 Mei 2023
Foto: Rapat Pansus satu DPRD Kabupaten Kudus dalam membahas Ranperda Ibadah Haji Next post DPRD Kudus Segera Matangkan Ranperda Ibadah Haji
Social profiles