DPRD Kudus Segera Matangkan Ranperda Ibadah Haji

Foto: Rapat Pansus satu DPRD Kabupaten Kudus dalam membahas Ranperda Ibadah Haji

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Panitia Khusus (Pansus) satu DPRD Kabupaten Kudus saat ini tengah melakukan kajian lebih lanjut mengenai Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Fasilitasi Ibadah Haji yang digelar di ruang rapat Komisi A DPRD Kudus.

Terkait hal tersebut, Ketua Pansus satu DPRD Kudus Aris Suliyono mengungkapkan bahwa saat ini sedang fokus dari pembahasan kali yang terletak pada penyelenggaraan ibadah haji daerah.

“Hari ini difokuskan untuk membahas pelaksanaan transportasi, akomodasi jamaah haji dari daerah ke embarkasi dan dari debarkasi ke daerah, pembiayaan, pengelolaan, pertanggungjawaban, pelaporan serta pembinaan dan pengawasannya,” terangnya.

Kemudian Aris menjelaskan bahwa fasilitasi haji yang ada didalam ranperda ini terkait apa yang sudah disebutkan itu dapat difasilitasi oleh Pemkab Kudus.

“Pemkab Kudus ini nantinya diharapkan bisa hadir dalam rangka menunjang para jamaah haji,” ungkapnya.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kudus itu juga menyebut bahwa ada tiga poin penting yang didapatkan dari public hearing atau masukan dari masyarakat ini beberapa waktu lalu.

“Kami pertimbangkan poin penting dari masyarakat ini seperti ruang lingkup yang akan menunjang transportasi dan akomodasi ini diperluas cakupannya seperti peningkatan pelayanan, perlindungan dan pengawasannya baik pra dan pasca penyelenggaraan haji,” ujarnya.

Selain itu, ia menambahkan untuk Petugas Penyelenggara Haji Daerah (PPHD) perlu memperhatikan kompetensi dan orientasi dalam melayani jamaah.

“Dukungan Pemda dalam bentuk APBD tentu untuk mendukung penyelenggaraan haji oleh daerah secara menyeluruh dan mendukung peran serta masyarakat yang terlibat seperti relawan,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Foto: tampak peserta UMKM Kudus saat mengikuti workshop jaminan produk halal Previous post Transisi UMKM di Kudus Menuju Sertifikasi Halal
Foto: Tampak suasana Rapat Pansus II DPRD Kudus Next post Pansus II DPRD Kudus Bahas Retribusi Parkir RSUD
Social profiles