Tawarkan Keindahan Alam, Ribuan Wisatawan Datangi Desa Rahtawu Kudus

Foto: Kepala Desa Rahtawu H.R Didik Aryadi saat ditemui di kantornya, Kamis (25/5/2023)

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Tahun 2022 sampai tahun 2023, lonjakan wisatawan sangat signifikan dan bisa dirasakan oleh masyarakat Desa Rahtawu. Terlebih untuk warga yang memiliki usaha kecil-kecilan dapat menikmati juga. Dalam sebulan wisatawan yang berkunjung dapat mencapai 20-25 ribu.

Kepala Desa Rahtawu H.R Didik Aryadi menjelaskan, untuk wisatawan yang berkunjung ke Rahtawu didominasi oleh warga Eks-Karesidenan Pati (Kudus, Demak, Jepara, Pati) dan Semarang.

“Selain itu untuk wisata budaya yang dimiliki oleh Desa Rahtawu kebanyakan dari Kota Solo. Jauh-jauh semua. Karena desa kami saat ini sedang viral dan banyak orang ingin tahu dari segi religius, serta wisata alam yang ditawarkan,” tuturnya.

Selain itu, kata Didik, untuk wisata alam yang mendominasi di Desa Rahtawu ini dapat digunakan sebagai tempat refreshing. Karena desa ini mempunyai karakteristik dan letak yang diinginkan pengunjung.

“Kalau yang bapak-bapak biasanya penasaran tentang peradaban dari zaman prasejarah. Selain itu ada juga wisata Petilasan di Kampung Adat Semliro Rahtawu Kudus yang telah diresmikan pak Bupati Kudus tahun lalu,” ujarnya.

Sementara itu, ditengah Wisata Desa Rahtawu yang sedang dicari oleh masyarakat, Didik menyebut untuk peningkatan PAD persemester bulan Juli hingga Desember tahun 2022 kemarin sangat signifikan.

“PAD kita yang semula berkisar Rp 43 juta, dapat meningkat mencapai kurang lebih Rp 324 juta dalam enam bulan. Jadi hal itu bisa dirasakan masyarakat di Desa Rahtawu,” bebernya, Kamis (25/5/2023).

Tentunya peningkatan tersebut dapat memberikan sumbangsih kepada warga yang kurang mampu di Desa Rahtawu, ada juga untuk para pendidik Guru PAUD yang belum tercover, ditambah dengan membuka Jalan lintas barat yang sudah pihaknya buka.

“Dibukanya itu mulai dari BUMDes, kemudian ke utara balai desa. Sebanyak 1,2 km sudah kami buka. Jalan menuju akses pendidikan, dengan PAD itu kita kembalikan ke masyarakat. Jadi itu semua dilaksanakan tahun ini,” terangnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga akan memberikan target kepada direktur BUMDes agar PAD-nya bisa mencapai Rp 700 juta.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Foto: Samsat Keliling saat melayani masyarakat (istimewa) Previous post Samsat Kudus Jemput Bola dalam Melayani Masyarakat
Foto: Kasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) UPPD Samsat Kudus Sukatmo saat ditemui di sela kesibukannya Next post Samsat Kudus Himbau untuk Manfaatkan Program Jateng Bebas Pajak Daerah
Social profiles