Sudah Lebih 200 Peserta Didik Daftar PPDB di SMP N 1 Pati

Pihak wali calon peserta didik baru saat menyerahkan berkas pendaftaran ke SMP N 1 Pati

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dari 300 bangku yang ditentukan oleh pihak SMP N 1, di hari kedua Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sudah ada 200 lebih calon peserta didik yang mendaftar. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website pati.siap-ppdb.

Bagian informasi PPDB SMP N 1 Pati, Juremi mengatakan setelah melakukan pendaftaran online oleh calon peserta didik. Kemudian pihak peserta didik menyerahkan bukti pendaftaran ke sekolah untuk proses verifikasi administrasi.

“Di hari pertama (kemarin) PPDB ada 100-an lebih yang mendaftar, hari ini juga sudah ada 100 yang masuk. Adapun kuota di SMP Negeri 1 Pati itu 300 siswa yang diambil dari 4 jalur,” katanya, Selasa (16/5/2023).

Adapun 4 jalur PPDB SMP di Kabupaten Pati ini di antaranya meliputi zonasi dengan kapasitas 60 persen, afirmasi 15 persen, prestasi 20 persen dan mutasi 5 persen.

Menurut Juremi, berkait dengan kuota bangku di sekolah adalah berdasarkan daya tampung yang dimiliki. Sehingga, sekolah satu dengan yang lainnya jumlahnya tidak sama.

“Daya tampung PPDB di masing-masing sekolah berbeda, tergantung dari kapasitas daya tampung ruang yang tersedia di sekolah yang bersangkutan,” Juremi menjelaskan.

Dia mengungkapkan jalur zonasi bagi SMP N 1 Pati yakni sejumlah desa di Kecamatan Pati dan beberapa desa luar Pati. Dan tentunya masih dalam lingkup titik koordinat yang ditetapkan.

“Tahun kemarin zonasi menggunakan titik koordinat dari kantor desa, sedangkan sekarang menggunakan koordinat rumah peserta didik,” ungkapnya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati mengumumkan bahwa jadwal PPDB dibuka selama 3 hari, mulai tanggal 15 hingga 17 Mei 2023.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Previous post DPD Partai Perindo Kudus Optimis Capai Target di Pileg 2024
Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama selasa (16/5/2023) Next post Suami Aniaya Istri hingga Tewas di Margoyoso dalam Pengaruh Miras
Social profiles