SMK Muhammadiyah Jekulo Kudus Gelar Pelatihan Clod Computing

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – SMK Muhamamdiyah Jekulo Kudus menggelar pelatihan Cloud Computing AWS Technology Sagasitas Tech for Indonesia 2023 bagi guru dan siswa di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Kegiatan yang diinisiasi oleh Djarum Foundation bekerjasama dengan AWS (Amazon Web Service) serta iFORTE.

Kepala SMK Muhammadiyah Jekulo Salim menjelaskan pelatihan Cloud computing yang digelar di ruang laboratorium computer sekolahnya itu diikuti sebanyak 83 orang siswa kelas X dan XI dari jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Ditambah 3 orang guru pengajar mereka yang berlangsung selama empat hari yakni 21 Mei hingga 24 Mei 2023.

“Cloud Computing adalah teknologi yang digunakan untuk bermacam-macam penggunaan, seperti pencadangan data, pemulihan bencana, email, desktop virtual, pengembangan dan pengujian perangkat lunak, analitik big data, serta aplikasi web tatap muka dengan pelanggan oleh industri dan organisasi dalam rangka menyiapkan kebutuhan tenaga kerja di bidang layanan web server, database server dan lain-lain,” tuturnya.

Dia menyebut, diadakan pelatihan itu bertujuan untuk meningkatkan dan menyiapkan SDM baik dari segi siswa maupun guru khususnya dari kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang mana dapat digunakan untuk belajar tentang Cloud Computing, dan dapat membantu siswa atau guru dalam menyelesaikan masalah secara cepat, aman dan terjangkau, terutama menghadapi era pendidikan 4.0.

“Selain itu juga untuk meningkatkan pembelajaran yang semakin berkembang seperti, sertifikasi AWS, robotics, IoT dan pengenalan teknologi Artificial Intelligence. Sehingga proyeksi kedepan lulusan jurusan TKJ SMK Muhammadiyah Jekulo tidak hanya mampu dibidang komputer dan jaringan saja tetapi bisa dikembangkan ke layanan internet dengan berbagai platform yang semakin banyak dibutuhkan di masyarakat,” bebernya.

Kemudian kegiatan pelatihan ini nantinya akan berkesinambungan dengan beberapa kegiatan lain yang sudah dijadwalkan baik secara luring maupun daring, seperti hands-on dan penugasan project, pelatihan guru dan siswa tingkat lanjutan serta monitoring dan penilaian project siswa hingga ke grand final.

Foto: tampak puluhan siswa sedang serius melihat materi yang disampaikan oleh gurunya
Foto: tampak puluhan siswa sedang serius melihat materi yang disampaikan oleh gurunya

“Di akhir agenda kegiatan ini akan berikan penghargaan atau Awarding Ceremony, bagi para siswa dan guru peserta yang memenangkan atau menyelesaikan project yang diberikan melalui penilaian oleh tim juri,” tambahnya.

Salim berharap, program yang kini sedang diajarkan kepada siswa didik dan guru TKJ di sekolahnya, dapat diimplementasikan untuk mendukung skenario proses belajar dan mengajar secara lebih luas bagi sekolah serta pengorganisasiannya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Previous post E-Koran Samin News Edisi 23 Mei 2023
Foto: Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Kudus Masan saat ditemui beberapa waktu yang lalu Next post Masan ; Optimis Menangkan Ganjar Pranowo di Kabupaten Kudus Sebagai Presiden di 2024
Social profiles