Sidang Terbuka Senat Wisuda ke-70, UMK Luluskan 806 Mahasiswa

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Universitas Muria Kudus (UMK) menggelar sidang terbuka senat wisuda ke 70 pascasarjana dan sarjana di Gedung Auditorium UMK, Selasa (30/05/2023). Pada semester gasal 2022-2023 ini, UMK telah meluluskan total 806 mahasiswa dan memwisuda 796 diantaranya.

Dalam sambutannya, Rektor UMK, Prof Dr. Ir. Darsono, M.Si. berpesan, selepas diwisuda hari ini, agar wisudawan/wisudawati terus berbakti kepada orang tua. Pasalnya, kunci keberhasilan yang mengiringi langkah kehidupan wisudawan/wisudawati selanjutnya yaitu do’a serta ridho dari orang tua.

“Saat ini saudara telah dinyatakan selesai menuntaskan studi di kampus UMK ini, kami yakin kompetensi sebagaimana yang diharapkan pada capaian pembelajaran sesuai bidang ilmu yang ditempuh pada bangku kuliah beberapa saat yang lalu telah saudara miliki dan serap dengan baik,” tuturnya.

Lebih lanjut, Rektor UMK mengungkapkan, begitupun memiliki karakter moral yang baik harus saudara utamakan. Adapun nilai-nilai moral yang merupakan bekalan soft skill khusus yang menjadi kredo UMK, yaitu santun, cerdas dan berjiwa wirausaha haruslah dikobarkan.

“Tetaplah memegang nilai tersebut sebagai inspirasi untuk selanjutnya saudara mengabdi di masyarakat serta mengambil peran untuk meneruskan pembangunan bangsa ini karena saudara merupakan bagian dari potensi bangsa,” tegasnya.

“Selanjutnya bekal yang saudara gunakan tidak cukup hanya mengandalkan literasi baku, tapi literasi baru wajib saudara tambahkan. Diantaranya literasi data, literasi teknologi, dan literasi kemanusiaan. Apapun profesi saudara di masa yang akan datang, jadilah kontributor positif dan produktif dalam membangun peradaban bangsa Indonesia yang besar ini,” sambungnya.

Sementara itu mewakili Yayasan Pembina UMK, Tono Martono, S.H. selaku Sekretaris umum YP UMK berpesan, dengan bekal ilmu yang wisudawan/wisudawati peroleh selama ini, pihaknya berharap wisudawan/wisudawati sekalian akan mampu bersaing di pasar kerja untuk berkarya di masyarakat.

“Tantangan yang saudara hadapi di masyarakat tentu akan lebih berat dibandingkan dengan di kampus. Sebab persoalan yang dihadapi akan sangat beranekaragam, namun Allah SWT telah menganugerahkan kepada manusia, akal, ilmu, kecerdasan dan pengetahuan untuk dapat dimanfaatkan menghadapi tantangan yang ada di masyarakat. Kunci dari pada itu semua adalah jujur, kreatif dan pantang menyerah,” urainya.

Di sisi lain, Kepala LLDIKTI Wilayah 6 Jawa Tengah, Bhimo Widoyo Andoko, S.H., M.H. menyampaikan, dengan gelar yang wisudawan/wisudawati raih hari ini menjadi satu langkah kecil atau bahkan menjadi satu langkah besar jika dibarengi dengan inspirasi menuju masyakarat yang lebih baik.

“Selain itu, dengan diraihnya gelar sarjana maupun pascasarjana memang akan melepas satu beban di Pundak, akan tetapi hal itu juuga akan memicu satu tantangan, what’s next?,” tegasnya.

“Pasalnya, dunia kerja terkadang tidak selaras dengan gelar apa yang kita raih hari ini. Tentu hal ini menjadi satu naihat bagi saudara (wisudawan/wisudawati) untuk dapat memilah apa yang terbaik untuk diri masing-masing,” tukasnya.

Sebagai informasi, total wisudawan/wisudawati semester gasal 2022/2023 UMK berjumlah 796. Dengan rincian, Program Studi (Prodi) Managemen S2 169 mahasiswa, Prodi Akutansi S1 92 mahasiswa. Kemudian, Prodi Ilmu Hukum S2 17 mahasiswa, Prodi Ilmu Hukum S1 33 mahasiswa.

Foto: Sidang terbuka senat wisuda ke-70 yang digelar di Gedung Auditorium UMK (istimewa)
Foto: Sidang terbuka senat wisuda ke-70 yang digelar di Gedung Auditorium UMK (istimewa)

Selanjutnya, Prodi Pendidikan Dasar S2 55 mahasiswa, Prodi BK S1 9 mahasiswa, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris S1 35 mahasiswa. Prodi PGSD S1 79 mahasiswa, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1 23 mahasiswa, Pendidikan Matematika S1 2 mahasiswa, Prodi Agroteknologi S1 27 mahasiswa.

Berikutnya, Prodi Teknik Informatika S1 70 mahasiswa, Teknik Elektro S1 15 mahasiswa. Kemudian, Prodi Sistem Informasi S1 48 mahasiswa, Teknik Mesin S1 27 mahasiswa, Teknik Industri S1 13 mahasiswa, Prodi Psikologi S1 60 mahasiswa.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Foto: Peninjauan Kantor Satpas Polres Demak yang dilakukan Kapolres Demak bersama jajarannya Previous post Kapolres Demak Tinjau Satpas, Dalam Rangka Bangun Zona Integritas
Pencuri pompa air di Dororejo Kecamatan Tayu diamankan Polsek setempat Next post Pencuri Pompa Air di Tayu Diamuk Massa
Social profiles