Kagumnya Delegasi Odense Denmark Terhadap Pengelolaan Sampah di Kudus Jawa Tengah

Foto: Delegasi Odense Denmark tampak serius dalam saat mendengarkan paparan dari Ketua Bank Sampah Muria Berseri Kudus

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Delegasi Kota Odense, Denmark sangat kagum terhadap pengelolaan sampah Bank Sampah Muria Berseri di Kabupaten Kudus Jawa Tengah. Kehadirannya turut didampingi oleh Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan (KLHK) yang juga memuji pengelolaan sampah di kota kretek tersebut.

Head Environment and Water Kedutaan Besar Denmark untuk Indonesia Julie Bulow Appelqvist menyampaikan, selain itu ditambah dengan pengelolaan limbah organik, sebab menurutnya sudah sangat terorganisir.

“Mereka sangat baik dalam mengatur tatanan tersebut. Bahkan mereka melibatkan banyak komponen. Saya sangat kagum dengan bank sampah,” bebernya.

Dalam kunjungannya juga mengapresiasi para pelaku yang menggerakkan bank sampah khususnya di Kabupaten Kudus. Sebab, kata dia, mengurus tentang permasalahan sampah itu harus diawali dengan kesadaran bersama.

“Bank sampah ini menurut saya melakukan hal luar biasa untuk masyarakat. Saya senang jika banyak orang melakukan hal baik untuk komunitasnya,” tuturnya.

Sementara itu Direktorat Penanganan Sampah Kementrian Lingkungan Hidup dan Kebudayaan Virkatrin dan Ahmed menyampaikan, kebetulan ada kunjungan dari Delegasi Odense Denmark terkait pengelolaan sampah di Kudus.

“Mereka kesini juga karena rekomendasi kami,” ungkapnya kepada Samin News, Kamis (11/5/2023).

Dia berharap, terkait kunjungannya ini dapat mengidentifikasi permasalahan pengelolaan sampah di Kudus baik teknis maupun non teknis, atau pengembangan sarpras serta peningkatan kapasitas yang akan diusulkan menjadi bagian kerja antara Negara Indonesia dan Denmark periode 2023-2025.

“Kerja samanya bisa dalam bentuk fisik maupun pelatihan,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Foto: PKPLH Kudus bersama dengan Kedubes Denmark Previous post Kedubes Denmark Tertarik Dengan Pengolahan Sampah di Kabupaten Kudus
Next post Pj Bupati Pati Paparkan Capaian Kinerja Triwulan III di Kemendagri
Social profiles