Cipta Coretan Kirab Desa Perdana di Desa Sokokulon

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kirab desa atau umum juga disebut dengan sedekah bumi menjadi tradisi di beberapa desa di Kabupaten Pati. Namun, pergelaran kirab desa di Desa Sokokulon Kecamatan Margorejo tahun 2023 kali ini adalah perdana dilaksanakan oleh pemerintah desa bersama masyarakat.

Kirab desa ini diramaikan dengan karnaval keliling desa yang dibuka langsung oleh Camat Margorejo. Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan marching band. Pemdes Sokokulon bisa dibilang menciptakan coretan sejarah yang nantinya harus dilestarikan sebagai sarana pemersatu warga setempat.

“Baru kali ini kami mengadakan kirab desa dan bersih desa. Karena tahun-tahun kemarin belum ada. Alhamdulillah bisa diikuti masyarakat banyak sekali sangat antusias,” kata Kades Sokokulon Jamian usai kegiatan, Jumat (26/5/2023).

Kegiatan tersebut di antaranya berupa kirab mengelilingi desa yang diikuti oleh masyarakat tiap-tiap rt, siswa SD dan TK, lalu tokoh masyarakat. kemudian ada penampilan tayub. Lalu dimeriahkan dengan ketoprak Cahyo Mhardiko yang dipentaskan satu hari satu malam.

Menurutnya, kirab desa bukan hanya sebatas mendatangkan keramaian. Tetapi, menurut Jamian mempunyai makna yang cukup mendalam dan sakral. Karena selain bersyukur atas hasil bumi, ini juga wujud menciptakan persatuan antar masyarakat.

“Kami menilai acara ini penting dilakukan untuk membangun dan menciptakan masyarakat yang berbudaya. Di samping itu hal ini bisa menjadi sarana untuk mempersatukan masyarakat rukun damai,” sebutnya.

Warga Desa Sokokulon Kecamatan Margorejo mengikuti kirab desa Jumat (26/5/2023)
Warga Desa Sokokulon Kecamatan Margorejo mengikuti kirab desa Jumat (26/5/2023)

Dalam kesempatan itu, dia juga mengatakan bahwa ke depannya kirab desa akan diselenggarakan lebih meriah lagi. Yaitu, katanya dengan membuat ruang kreasi bagi anak-anak muda setempat melalui pentas kesenian.

“Harapan kami melalui adanya kirab desa ini masyarakat bisa hidup rukun bersatu bersama-sama membangun desa dengan baik. Dan alhamdulillah hari ini bisa terselenggara kirab desa,” tutup Jamian.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Pati Abdul Hamid Previous post Pendaftar 42 Ribu Orang, Masa Tunggu Haji di Pati Butuh 31 Tahun
Next post E-Koran Samin News Edisi 26 Mei 2023
Social profiles