Baznas Salurkan Bantuan Dana Konsumtif bagi Fakir Miskin

SAMIN-NEWS.com, PATI – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pati menyalurkan bantuan konsumtif bagi fakir miskin se-eks Kawedanan Tayu, mulai Kecamatan Dukuhseti, Cluwak, Tayu, Gunungwungkal hingga Margoyoso. Bantuan diserahkan simbolis di Aula Kecamatan Cluwak, Selasa (23/5/2023).

Sebanyak 1.494 fakir miskin di eks Kawedanan Tayu menerima bantuan tersebut. Di mana masing-masing desa di setiap kecamatan terdapat 18 penerima bantuan. Setiap orang berhak menerima Rp 300 ribu. Sehingga untuk eks Kawedanan Tayu, Baznas mengeluarkan dana Rp 448.200.000.

Ketua Baznas Pati, Imam Zarkasi mengatakan bantuan konsumtif bagi fakir miskin ini dibagikan setiap tahun. Bantuan itu dibagikan per eks kawedanan se-Kabupaten Pati secara bergilir.

“Jadi Baznas selalu peduli terhadap masyarakat. Semoga zakat yang disampaikan dari para ASN ini benar-benar bermanfaat dan meluas kemanfaatanya,” ujar Imam Zarkasi.

Untuk diketahui pihaknya menjelaskan dana yang dibagikan Baznas ada dua jenis yaitu bantuan konsumtif dan produktif. Sementara tahun 2022 kemarin, pengumpulan Zakat Infaq Sedekah (ZIS) sebesar Rp 8,7 miliar. Pihaknya berharap tahun 2023 ini semoga bisa mencapai Rp 10 miliar.

Sedangkan Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menyebut peran Baznas sangat membantu bagi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Karena Baznas juga turut andil dalam penanganan saat terjadi bencana.

“Bantuan akeh sitik (besar kecil) harus disyukuri. Baznas pergerakannya sangat luar biasa, saat terjadi bencana juga nomor satu andalan kami dalam penangananya,” ujarnya.

Simbolis, Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menyerahkan bantuan dari Baznas di Aula Kecamatan Cluwak, Selasa (23/5/2023)
Simbolis, Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menyerahkan bantuan dari Baznas di Aula Kecamatan Cluwak, Selasa (23/5/2023)

Selain itu, Henggar menyebut dana yang dikelola Baznas juga digunakan untuk program bantuan pemugaran Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Semoga bantuan yang panjenengan terima ini nantinya bisa digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk membantu menyukupi kebutuhan konsumsi masyarakat,” tambah Henggar.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Harga cabe di pasar tradisional mengalami naik turun (fluktuatif) Previous post Harga Cabe di Pasaran Tradisional Fluktuatif
Next post E-Koran Samin News Edisi 23 Mei 2023
Social profiles