Warga Ramai Sewa Kapal di Tayu

Warga saat menaiki perahu nelayan di atas Sungai Silugonggo Tayu saat pekan Syawalan/Lomban, Minggu (30/4/2023)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Warga terlihat ramai turut menyaksikan acara Pekan Kupatan atau Lomban di Desa Sambiroto Kecamatan Tayu Kabupaten Pati, Minggu (30/4/2023). Baik warga sekitar maupun dari luar wilayah Tayu ikut meramaikan festival karnaval.

Dimulai iring-iringan karnaval budaya start mulai Balaidesa Sambiroto finish TPI Sambiroto. Dilanjutkan dengan upacara pelarungan sesaji yang telah dipersiapkan oleh pihak panitia kegiatan, yakni dengan kepala kerbau serta kepala kambing.

Di sekitaran TPI Sambiroto tersebut di Sungai Silugonggo Tayu warga ramai menyewa kapal untuk menikmati acara Lomban sambil berselancar di atas sungai. Salah satunya adalah M. Shofiyudin (25) asal Cluwak yang menyewa kapal.

“Iya ikut naik kapal dari sini (pinggir kali Tayu) ke muara laut dan kembali lagi ke sini tempat semula persewaan. Menyewa kapal 10 ribu untuk satu orang, bersama dengan istri,” ujarnya setelah menaiki kapal.

Acara Lomban di Tayu tahun ini disebut lebih meriah dibanding dengan sebelumnya karena hanya diadakan secara sederhana tidak ada kegiatan yang mendatangkan orang berkerumun, hanya larung sesajen. Namun saat ini ada hiburan orkes serta penyewaan kapal.

“Ini lebih ramai ada penyewaan kapal juga untuk masyarakat yang ingin menaiki kapal ke laut. Kapal pribadi yang disewakan, masyarakat langsung bisa nyewa di sekitaran TPI,” kata Kepala Desa Sambiroto, Sulistiono.

Senada, Kapolsek Tayu Iptu Aris Pristianto mengatakan warga antusias berrekreasi menaiki perahu nelayan. Sehingga hal ini beresiko benturan antar kapal. Untuk mengatasi hal itu, dirinya sudah berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait dan telah menyiapkan kapal karet.

“Rawan terjadinya benturan antar perahu di sepanjang sungai Silugonggo Tayu. Pengamanan dari lintas sektor, dari Satpolairud, Satlantas BPBD serta lainnya. Juga menyiapkan perahu karet dari Satpolairud serta BPBD Pati,” ungkapnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Amankan Tradisi Syawalan, Polres Demak Terjunkan Ratusan Personel
Satgas Operasi Ketupat 2023 Mabes Polri  Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi saat mengunjungi Pospam Puri Kabupaten Pati, Minggu (30/4/2023). Next post Lalu Lintas Lebaran di Jateng Disebut Lancar
Social profiles