Pantauan Dishub Pati Belum Ada Aktivitas Lonjakan Arus Mudik

Aktivitas penumpang di Terminal Kembangjoyo Pati

SAMIN-NEWS.com, PATI – Hingga pekan ketiga bulan suci Ramadhan atau mendekati libur panjang hari raya idul fitri tahun 2023 belum ada aktivitas lonjakan arus mudik yang berarti di Terminal Kembangjoyo Kabupaten Pati. Biasanya diramaikan dengan kedatangan pemudik, namun masih seperti hari pada umumnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Operasional (Dalops) pada Dinas Perhubungan (Dishub) Pati, Nita Agusningtyas mengatakan hingga saat ini berdasarkan pantauan yang kami lakukan belum ada peningkatan arus mudik.

“Untuk arus mudik saat ini belum ada lonjakan berarti nggih. Kemungkinan puncak arus mudik kami prediksi nanti tanggal 19 April saat awal-awal libur lebaran,” kata nita saat dikonfirmasi, Selasa (11/4/2023).

Terkait kesiapan Dishub menjelang libur panjang hari raya idul fitri ini, dia mengatakan Rabu besok baru ada rapat koordinasi bidang ekuinda terkait persiapan Lebaran 2023. Dia meminta agar menunggu hasil rapat tersebut.

Mengenai kemungkinan adanya kemacetan dampak dari lonjakan arus mudik, Nita menyebutkan telah menyiapkan jalan alternatif. Ini dilakukan untuk menghindarkan penumpukan kendaraan.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa untuk jalur alternatif saat ini dalam kondisi cukup baik. Sejumlah ruas jalan sudah dilakukan perbaikan untuk meningkatkan kenyamanan pengendara utamanya saat libur panjang.

“Biasanya macet di ruas jalan Juwana – Batangan, bisa dialihkan ke jalur alternatif Jakenan – Jaken yang saat ini dalam kondisi bagus. Untuk jalur yang lain relatif lancar,” pungkasnya.

Sementara itu, sebelumnya sejumlah instansi terkait sebelumnya juga telah melakukan kegiatan ramp check. Di antaranya yang terlibat yaitu Satlantas Polresta Pati, Dishub Pati dan provinsi, serta perwakilan jasa raharja.

“Ramp check ini dilakukan untuk mencegah terjadinya laka lantas menonjol yang diakibatkan karena persyaratan teknis dan laik jalan kendaraan yang tidak memenuhi syarat,” kata Kasat Lantas Polresta Pati Kompol Asfauri.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Salah satu aktivitas tambang di Pati Previous post Dinas Lingkungan Hidup : Reklamasi Wajib Dilakukan Pasca Tambang Selesai
Penjabat Bupati Pati Henggar Budi Anggoro memberikan bantuan bagi guru agama Next post Pemkab Pati Salurkan Bantuan bagi Guru Agama
Social profiles