Muhammadiyah Pati Siapkan Halaman Stadion Joyokusumo untuk Salat Idul Fitri

Halaman Stadion Joyokusumo Pati yang rencananya akan digunakan untuk salat jamaah Idul Fitri oleh Muhammadiyah

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pimpinan Muhammadiyah Daerah (PDM) Kabupaten Pati menyiapkan penyelenggaraan jamaah salat Idul Fitri 1444 Hijriah di sejumlah titik yang tersebar di beberapa kecamatan. Persiapan tersebut dilakukan menindaklanjuti penetapan 1 Syawal yang jatuh pada 21 April 2023.

Ketua PDM Pati, Mohammad Asnawi menyatakan jamaah salat Idul Fitri yang diselenggarakan oleh PDM Pati berlokasi di halaman Stadion Joyokusumo dan rencananya juga digelar di beberapa titik. Hal ini mengingat banyaknya jamaah yang ikut salat ied, maka diambilkan di tempat yang lapang.

“Salat ied di halaman Stadion Joyokusumo dan beberapa tempat di masing-masing kecamatan (Pimpinan Cabang Muhammadiyah/PCM) di kabupaten Pati. Secara administrasi dan teknis, sudah fit persiapannya,” ucapnya, Selasa (18/4/2023).

Menurutnya, mengenai persiapan yang dilakukannya tidak ada persoalan. Karena kata dia Pemerintah Kabupaten Pati memberi lampu hijau dengan memberi kemudahan terkait perizinan penggunaan fasilitas umum digunakan solat ied oleh warga Muhammadiyah.

Sementara itu terkait perbedaan pelaksanaan Idul Fitri antara pemerintah dengan saudaranya Nahdhatul Ulama (NU), PDM Pati mengimbau kepada warga Muhammadiyah untuk tetap bersikap bijak dapat menerima perbedaan tersebut.

“Agar menerima perbedaan pandangan dan tetap mengedapankan urgensi ukhuwwah terhadap saudara-saudara umat Islam lainnya yang berbeda dalam penetapan 1 syawal,” ujarnya.

Dia menuturkan Muhammadiyah Pati telah menyiapkan 16 titik untuk pelaksanaan salat ied yang diselenggarakan baik oleh pimpinan daerah maupun tingkat kecamatan. Diantaranya di Stadion Joyokusumo, Lapangan SDN Growong Kidul (PCM Juwana).

Berikutnya, PCM Margoyoso di Lapangan Soegondo, PCM Tlogowungu Lapangan Wonorejo, PCM Tambaharjo di lapangan Desa Tambaharjo, PCM Dukuhseti di Masjid Nurul Iman dan Musala Mujahidin Ngagel, PCM Kalikalong di halaman SD Muhammadiyah.

“Lalu PCM Gembong di Masjid At Taqwa Pohgading dan Masjid At Taqwa Kedungbulus, PCM Kayen di SMP Muhammadiyah 5 Kayen, PCM Gabus di lapangan Tanjung Anom, PCM Sukolilo di lapangan Desa Kedungwinong, PCM Cluwak di halaman RS Rehatta Kelet, PCM Tayu di SMP Muhammadiyah Tayu dan SD Muhammadiyah Margomulyo,” tandasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post 5 Bus Mudik Gratis dari Pemerintah Tiba di Pati
Foto: Bupati Demak Eisti'anah bersama jajaran lainnya (istimewa) Next post Polres Demak Siagakan 530 Personil Gabungan Untuk Amankan Lebaran
Social profiles