Jokowi Harus Tahu ini, Gedung Berbalut Kaca di Universitas Muhammadiyah Kudus Kalahkan Istana Negara

Foto: Tampak penampakan Gedung Crsytal Building yang dimiliki oleh Universitas Muhammadiyah Kudus di malam hari

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Gedung berbalut kaca yang dimiliki oleh Universitas Muhammadiyah Kudus itu ternyata mengalahkan Istana Negara. Hal itu dibuktikan dengan pilarnya yang menyerupai dengan Istana Negara. Untuk itu Presiden RI Jokowi harus tahu.

“Gedung ini diilhami saat kita sedang menyusun menjadi universitas. Kita melihat Istana Negara. Pilar ini terinspirasi dari Istana Negara, tapi lebih besar gedung ini yakni 120 centi, kalau Istana Negara 80 centi,” ucap Rektor Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) Rusnoto Rabu (12/4/2023).

Sementara itu nantinya untuk penggunaan gedung ini yang lantai dua akan dimanfaatkan untuk Ruang Rektorat, Ruang Lembaga, dan Pelayanan Mahasiswa, sedangkan lantai satu digunakan untuk mengadakan pertemuan-pertemuan.

Selain itu untuk ruang dosen akan dilengkapi dengan ruang tidur. Diketahui total luas di lantai satu sebesar 2000 meter persegi, dan untuk lahannya seluas 1,2 hektare. Dalam pembangunannya, Rusnoto menyebut bahwa ini merupakan tanah milik Pemkab Kudus yang sebelumnya tidak dimanfaatkan.

“Dulu ini tanah milik Pemkab Kudus yang tidak dimanfaatkan, sekarang kami manfaatkan menjadi gedung ini,” bebernya kepada Samin News.

Lebih lanjut untuk pembangunan gedung kaca atau Crystal Building itu sendiri memakan anggaran mencapai Rp 10 milliar hingga lantai tiga. Gedung tersebut mampu menampung sebanyak 3500 orang untuk perhelatan acara wisuda, namun acara lainnya paling efektif 1500 orang.

“Kenapa gedung ini dinamai crsytal, karena pada semula pembangunan rencananya desain gedung ini akan memakai bata, namun saya ubah jadi kaca, karena identik dengan kristal,” ungkapnya.

Menanggapi hal itu Rusnoto menyebut bahwa saat itu sedang ramainya berita Covid-19. “Insyallah dengan adanya kaca maka sinar akan penuh masuk, sehingga kuman tidak berkembang dan saat siang hari tidak perlu lampu,” bebernya.

Terkait hal itu, Bupati Kudus Hartopo mengapresiasi atas pembangunan Gedung Crystal Building milik Universitas Muhammadiyah Kudus.

“Untuk Gedung Crsytal Building ini sangat luar biasa gedung semegah ini kita sendiri gatau. Harapan saya gedung ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Tentu ini sangat luar biasa perkembangannya baik prodinya dan juga gedungnya sangat cepat progresnya. Ini adalah kebanggaan warga Kudus terutama untuk Muhammadiyah,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Foto: Pihak RSUD dr Loekmono Hadi saat rapat bersama dengan Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Kudus Previous post DPRD Kudus Sebut Gedung IBS dan Penyerapannya Harus Lebih Dimaksimalkan
Next post Diresmikan Hartopo, Gedung Crsytal Building Milik UMKU Akan Disewakan Untuk Acara Pernikahan
Social profiles