DPRD Kudus Beri Pesan ke OPD Untuk Tingkatkan Pencapaian LKPJ

Foto: Ketua Komisi A DPRD Kudus Rinduwan tampak sedang berdiskusi dengan anggota lainnya

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Komisi A DPRD Kabupaten Kudus memberikan pesan kepada empat Organisasi Perangkat Daerah di Kudus untuk meningkatkan pencapaian Laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tahun Anggaran 2022. Kegiatan tersebut berlangsung di ruang rapat Komisi A DPRD Kudus.

Diketahui empat OPD yang dimaksud yakni Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di Kabupaten Kudus

Terkait hal itu Ketua Komisi A DPRD Kudus Rinduwan mengatakan bahwa, rapat yang digelar ini merupakan tindak lanjut LKPJ dari rapat Paripurna yang digelar beberapa waktu lalu bersama Bupati Kudus Hartopo.

Dalam rapat tersebut pihaknya juga memberikan saran kepada OPD yang hadir untuk meminimalisir kesalahan yang telah dilakukan tahun 2022 kemarin terkait penyampaian LKPJ guna menatap tahun berikutnya.

“Empat OPD tersebut rata-rata berhasil menyelesaikan program kerja diatas 85 persen pada tahun 2022 kemarin,” ungkapnya.

Selain itu, meskipun dalam pembangunan di Kabupaten Kudus terbilang berhasil, namun terdapat hambatan berupa anggaran yang terbatas. Meskipun demikian pihaknya tetap memberikan apresiasi kepada OPD tersebut.

“Saya apresiasi kepada empat Organisasi Perangkat Daerah yang telah berhasil dalam memaksimalkan tupoksinya masing-masing demi terwujudnya visi dan misi di Kabupaten Kudus,” ujarnya.

Capaian kinerja keempat OPD tersebut dinilai pihaknya sudah cukup baik. Selain itu pencapaian penyerapan anggaran LKPJ oleh Dukcapil sebesar 93,33 persen Satpol PP 90,53 persen, BKPSDM 87,50 persen dan Dinas PMD sebesar 85 persen.

Dikatakan Rinduwan bahwa meskipun para OPD yang hadir berhasil mencapai diatas 85 persen dalam penyerapan anggaran mereka tetap didorong agar dapat mencapai 95 persen pada tahun ini dan tahun berikutnya.

“Target 100% itu sulit, kita harus realistis karena pasti akan ada kendala. Namun kita tetap memberikan target agar mereka juga berusaha dalam meningkatkan serapan anggaran secara maksimal kedepannya,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Foto: Tampak aktivitas masyarakat saat sedang berada di loket Samsat Kudus Previous post Samsat Kudus Terima Pembayaran Pajak Kendaraan Senilai Rp 42,9 Milliar
Foto: tampak salah satu warga sedang mengantri di loket Pegadaian Kudus Next post Pegadaian Kudus Sediakan KUR Bagi UMKM Tanpa Jaminan
Social profiles