Bupati Kudus Harapkan Desa Janggalan Semangat Ikuti Lomba Desa

Foto: Lomba Desa tahun 2023

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Bupati Kudus Hartopo mengharapkan Desa Janggalan untuk lebih semangat dalam mengikuti Lomba Desa yang digelar tahun ini. Mengingat desa tersebut memiliki peran penting dalam pemyumbang penilaian Adipura.

Bupati Kudus Hartopo menyampaikan, lomba desa ini merupakan bentuk motivasi masyarakat supaya semakin semangat lagi kedepannya.

“Lomba desa ini adalah bentuk motivasi masyarakat sini agar supaya bisa lebih semangat. Mengingat Desa janggalan 2023 ini merupakan penyumbang dalam penilaian Adipura,” ujarnya.

Selain itu, ia menilai untuk proklim di Desa Janggalan sangat bagus, kebersihan juga terjaga, dan kekompakan masyarakat bagus. Disamping itu untuk Nguri-nguri budaya, kuliner, ekonomi kreatifnya juga bagus.

“Kami berharap untuk Kepala Desa Janggalan bisa memberdayakan untuk dana desa. Karena disini ada BUMDes, tapi disini baru ada pilah sampah namun manual. Kami berharap Desa Janggalan bisa membeli alat pilah sampah untuk menambah kapasitas tempat sampah,” tandasnya.

“Untuk disini UMKM-nya juga sudah bagus. Hanya saja saya menghimbau agar marketingnya harus tambah bagus, jangan hanya produksinya saja yang diperbanyak, tapi harus sebanding dengan penjualannya,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kudus Adi Sadhono menjelaskan, terkait lomba desa ini yang diikuti berbagai desa di sembilan kecamatan akan dinilai dari segi akumulasi aspek penilaian.

“Nanti hasil keseluruhan oleh tim dari 9 kecamatan itu nanti kita coba rapatkan. Selain itu yang perolehan tertinggi dari semua akumulasi aspek penilaian akan diumumkan habis lebaran,” ungkapnya kepada Samin News.

Lebih lanjut, nantinya dari sembilan desa tersebut, dipilih menjadi tiga besar yang kemudian untuk berpartisipasi dalam lomba tingkat provinsi.

“Yang ranking 1 biasanya kita ajukan untuk mewakili lomba ke provinsi. Untuk juara dua dan tiga hadiah,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Foto: Risang Budi Baskara warga Genuk Semarang yang berhasil mendapatkan hadiah undian motor Previous post Manfaatkan Teknologi, Warga Genuk ini Dapat Hadiah Motor Dari BNI Kudus
Next post E-Koran Samin News Edisi 11 April 2023
Social profiles