Berbagi Kasih, SMP N 4 Pati Salurkan Zakat bagi Siswa Kurang Mampu

Kepala SMP Negeri 4 Pati (kanan) Mulyono saat memberikan zakat kepada siswa yang kurang mampu, Senin (17/4/2023)

SAMIN-NEWS.com, PATI – SMP Negeri 4 Pati membagikan zakat fitrah dari siswa-siswinya. Setelah sebelumnya dilakukan pengumpulan zakat oleh panitia sekolah, Senin (17/4/2023) zakat tersebut dibagikan kepada siswa kurang mampu yang membutuhkan bantuan.

Kepala SMP Negeri 4 Pati, Mulyono mengatakan menunaikan zakat ini akan menumbuhkan kepekaan anak didik terhadap lingkungan sosialnya yaitu berbagi dengan anak yatim piatu serta siswa yang kurang beruntung dalam hal ekonomi.

“Tujuannya untuk melatih anak-anak kepada lingkungan yaitu anak yatim dan dhuafa. Dengan berzakat ini anak-anak lebih peka terhadap lingkungan sosial mereka,” kata Mulyono di kantornya.

Dia mengungkapkan bahwa zakat ini disalurkan diprioritaskan bagi siswa SMP 4 sendiri yang kurang mampu, lalu masyarakat sekitar sekolah dan terakhir dibagikan ke panti asuhan.

Lebih lanjut, dia mengatakan bagi siswa yang mampu diarahkan untuk zakat di sekolah. Sementara anak yang tidak mampu tidak wajib zakat, tetapi justru akan mendapatkan hak menerima zakat dari teman-temanya.

“Alhamdulillah ada 701 siswa yang ikut zakat di SMP 4 Pati. Yang dibagikan untuk siswa SMP 4 sendiri ada 180 bungkus. Sisanya untuk lingkungan dan panti asuhan,” terang Mulyono.

Sementara siswa setempat salah satu penerima zakat, Dian Citra kelas IX mengaku senang menerima zakat. Banyak perhatian dan peduli ditujukan kepada dirinya pada momen yang indah dan berbahagia.

“Alhamdulillah iya senang dapat zakat dari sekolah, rencananya ini akan dikasihkan ke orang tua. Tiap tahun alhamdulillah selalu dapat dari sekolahan,” ujarnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Foto : Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto (istimewa) Previous post Kapolres Kudus: Permudah Pelayanan Masyarakat Melalui Call Center Polri
Pos Pengamanan Lebaran 2023 Polresta Pati di depan Gor Puri Next post Satlantas Pastikan Jalan Pati-Rembang Lancar Dilewati Pemudik
Social profiles