Kunjungi UMK, SMK Assa’idiyyah Kudus Belajar Kajian Jaringan Tanaman

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – SMK Assa’idiyyah Kudus telah mengunjungi Kampus Universitas Muria Kudus untuk belajar kajian jaringan tanaman ke Fakultas Pertanian. Hal ini berguna dalam menyiapkan siswa-siswinya jelang menghadapi Uji Kompetensi Keahlian (UKK).

Dosen Kultur Jaringan Agroteknologi UMK, Dr. Farida Yuliani, M.Si menjelaskan, dalam mempelajari ilmunya, para siswa-siswi diajak ke Laboratorium Kultur Jaringan dan Laboratorium Agronomi.

“Hal ini bertujuan untuk para siswa-siswi SMK Assa’idiyyah Kudus dapat lebih dalam lagi untuk mempelajari tentang kultur jaringan tanaman,” katanya.

Adapun kedatangannya, diberikan ilmu cara membuat media biakan untuk kultur jaringan. Nantinya para siswa-siswi itu akan membuat beragam media diantaranya media MS (Murashige & Skoog).

“Siswa-siswi SMK Assa’idiyyah diajari cara membuat media alami yang memakai air kelapa dan ekstrak pisang,” ungkapnya.

Selain itu juga memulai praktik subkultur untuk tanaman anggrek. Diketahui, subkultur tersebut dilaksanakan di ruang kultur yang sangat steril, dengan menggunakan alat Laminar Air Flow (LAF).

Guru Produktif Agribisnis Tanaman SMK Assa’idiyyah Kudus Lidya Makmur menyebut, bersama siswa-siswinya di UMK bertujuan untuk melakukan pembelajaran mengenai pelatihan kultur jaringan.

“Itu sebagai persiapan UKK di SMK Assa’idiyyah Kudus,” kata dia.

Lebih lanjut, kemudian dia mengucapkan terimakasih atas waktu yang diberikan kepada pihaknya untuk berkunjung ke Fakultas Pertanian UMK serta memberikan pelatihan yang bermanfaat.

Foto: Siswa-siswi SMK Assa'idiyyah Kudus saat latihan praktek di Laboratorium Kultur Jaringan dan Laboratorium Agronomi milik Universitas Muria Kudus
Foto: Siswa-siswi SMK Assa’idiyyah Kudus saat latihan praktek di Laboratorium Kultur Jaringan dan Laboratorium Agronomi milik Universitas Muria Kudus

“Tentunya ini untuk persiapan UKK yang sebelumnya belum bisa semaksimal seperti di UMK ini, karena keterbatasan alat,” pintanya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Previous post Wisata di Desa Jragung Jadi Tempat Nongkrong Siswa Bolos, Warga ini Sambat ke Kapolres Demak
Next post Evakuasi Warga Korban Terdampak Banjir di Desa Payaman Kudus
Social profiles