Keluwesan Aiptu Moch Riva’i saat Bertugas Tingkatkan Citra Polri

Baur STNK Polresta Pati Aiptu Moch Riva'i

SAMIN-NEWS.com, PATI – Polisi bersikap profesional untuk membangun kepercayaan masyarakat dan menjaga citra Polri saat menjalankan tugas. Namun sikap keluwesan juga tak kalah pentingnya untuk memberikan pelayanan, sebab tugas kepolisian sejatinya adalah pelayanan kepada masyarakat.

Hal itu yang ditunjukkan Aiptu Moch Riva’i salah satu anggota Satlantas Polresta Pati saat bertugas. Dengan sikap profesionalitas sebagai tuntutan serta prilaku yang luwes dapat meningkatkan kepercayaan publik yaitu citra Polri sebagai pengayom masyarakat.

“Sikap profesional dan prilaku luwes mudah membaur ini untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat bahwa polisi itu sebagai pelayan masyarakat, jadi tugasnya adalah melayani,” kata Riva’i, Selasa (28/3/2023).

Riva’i yang merupakan Baur STNK tersebut mengatakan bahwa tugas Polri melayani dan mengayomi masyarakat misalnya yaitu pelaksanaan pos harian membantu orang yang hendak menyeberang jalan di titik-titik yang sudah ditetapkan, baik itu di sekitar sekolahan maupun di jalan keramaian.

Dirinya menyebut sering bersinggungan dengan pelajar saat bertugas di pagi hari. Karena mengatur lalu lintas dan membantu para siswa itu menyeberang. Bahkan, ia mengaku di SMP 1 Pati sering dikerubungi pelajar saat bertugas, juga di persimpangan SMP 4 Pati.

“Dengan begitu masyarakat dan pelajar juga nantinya diharapkan tidak ada jarak serta sosok polisi itu tidak dianggap menakutkan. Memberi pelayanan tanpa pamrih, serta bisa menjadi sarana agar pelajar nantinya semakin disiplin dalam berlalu lintas,” sambungnya.

Tugas Satlantas dengan profesional, komunikasi yang baik serta keluwesan atau partisipatif yang notabenenya kerap bersentuhan secara langsung dengan masyarakat pengguna jalan ini mampu mengangkat pesona citra Polri.

“Karena polisi bukan sosok yang menyeramkan, tetapi justru hadir di tengah masyarakat memberikan pelayanan, melindungi, serta membantu yang membutuhkan. Karena polisi juga adalah sahabat masyarakat,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post E-Koran Samin News Edisi 27 Maret 2023
Next post Melebihi Target, Progres Konstruksi Gedung Senam Capai 34 Persen
Social profiles