Getuk Gembul, Oleh-oleh Khas Terbaru dari Desa Rahtawu Kudus

0
Foto: Owner Getuk Gembul Desa Rahtawu Ana Fitriani saat ditemui di kediamannya
Foto: Owner Getuk Gembul Desa Rahtawu Ana Fitriani saat ditemui di kediamannya

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Selain memiliki potensi wisata yang menarik, Desa Rahtawu di Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus juga memiliki kuliner khas yang patut dicoba, yakni Getuk Gembul milik Ana Fitriani, yang baru saja diluncurkan pada Selasa (7/3/2023).

Ana Fitriani, pemilik Getuk Gembul, bercerita kepada Samin News tentang awal tercetusnya ide untuk membuat makanan berbahan dasar getuk, yaitu ketika melihat potensi Desa Rahtawu sebagai destinasi wisata yang banyak dikunjungi.

“Saya berinisiatif membuka usaha ini karena saya melihat potensi di Desa Rahtawu yang belum dimanfaatkan dengan baik. Selain itu, di Kudus juga belum ada produk serupa,” ujarnya.

Ana menjelaskan bahwa usaha yang dimilikinya, yang terletak di Dukuh Krajan Desa Rahtawu RT 2 RW 1, telah berjalan selama tiga minggu. Saat ini, Getuk Gembul dapat dipesan melalui aplikasi WhatsApp.

“Untuk saat ini, pemasaran kami hanya melalui story WhatsApp saja. Namun, kami akan melihat perkembangan usaha ke depannya,” jelasnya.

Ana juga berbagi kisah tentang inovasi yang dilakukan dalam menciptakan Getuk Gembul. Meskipun pernah gagal berkali-kali, ia tetap tidak menyerah hingga menemukan komposisi yang cocok.

“Dalam membuat produk ini, saya juga pernah mengalami kegagalan berulang kali. Tapi saya tidak menyerah dan terus berjuang hingga menemukan rasa yang cocok,” ungkapnya.

Getuk Gembul karya Ana Fitriani banyak diminati oleh masyarakat di sekitar Kudus, khususnya di Kecamatan Dawe dan Desa Menawan. Namun, ia juga telah menerima pesanan dari luar kota seperti Boyolali dan Salatiga.

“Kami memiliki banyak pelanggan dari wilayah Dawe dan Menawan, serta beberapa pelanggan dari luar kota seperti Boyolali dan Salatiga,” tambahnya.

Getuk Gembul milik Ana saat ini memiliki berbagai varian rasa, seperti taro, keju, kacang, milo, macchiato, kopi, serta perpaduan mocca dan cappuccino. Harga yang ditawarkan juga terjangkau, yakni Rp 35 ribu per bungkus.

Foto: Produk buatannya
Foto: Produk buatannya

Bagi yang tertarik untuk mencicipi Getuk Gembul, dapat langsung mengunjungi Dukuh Krajan Desa Rahtawu RT 2 RW 1, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Produk ini cocok dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Desa Rahtawu.