DPRD Kudus Menggelar Rapat Ranperda Penyelenggaran Pendidikan untuk Menyelaraskan Pendidikan Formal dan Non Formal

Foto: Rapat Pansus I DPRD Kudus

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus mengadakan rapat panitia khusus (pansus) yang membahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) penyelenggaraan pendidikan pada Kamis (9/3/2023).

Rapat ini bertujuan untuk menyelaraskan pendidikan formal dan non formal di Kudus.

Wakil Pansus l DPRD Kudus, Muhtamat mengungkapkan bahwa pihaknya telah menerima banyak masukan dari masyarakat mengenai penyelenggaraan pendidikan, terutama pada pendidikan formal dan non formal.

Foto: Wakil Pansus I DPRD Kudus Muhtamat
Foto: Wakil Pansus I DPRD Kudus Muhtamat

“Ranperda tersebut nantinya akan diselaraskan dengan peraturan daerah lainnya, seperti peraturan mengenai pendidikan karakter dan pendidikan 12 tahun wajib belajar”,katanya seusai mengikuti rapat di Gedung AB DPRD Kudus

Muhtamat juga menambahkan bahwa pansus ingin membuat sebuah Peraturan Daerah induk yang dapat menyelaraskan pendidikan formal dan non formal. Hal ini bertujuan untuk memperbesar ruang lingkup dalam penyelenggaraan pendidikan, termasuk pada pendidikan di madrasah.

“Ranperda tersebut akan memperhatikan pendidikan di madrasah, seperti madrasah kelas sore, pendidikan di pondok pesantren, Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA),”tambahnya.

Selain itu, pansus juga menginginkan Ranperda penyelenggaraan pendidikan dapat memberikan kesetaraan pendidikan di madrasah dan pondok pesantren. Hal ini diharapkan dapat memberikan kesempatan yang sama bagi anak-anak untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas, tanpa memandang latar belakang dan kondisi sosial ekonomi.

“Diharapkan dengan adanya Ranperda penyelenggaraan pendidikan ini, dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kudus dan menyelaraskan pendidikan formal dan non formal untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik dan merata bagi seluruh masyarakat Kudus,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Previous post E-Koran Samin News Edisi 8 Maret 2023
Next post Perguruan Tinggi Filipina Kunjungi Kudus, Allen Faye: Saya Mendapatkan Pengalaman Berharga
Social profiles