Dispertan Pati Salurkan Bantuan Benih Padi bagi Petani Terdampak Banjir

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pati Nikentri Meiningrum

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sebanyak 67 ton lebih benih padi disalurkan Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati. Benih itu merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk petani yang sebelumnya terdampak banjir.

Kepala Dispertan Pati Nikentri Meiningrum menyatakan puluhan ton bantuan benih padi itu disalurkan ke 6 kecamatan di Kabupaten Pati, mulai Kecamatan Gabus, Margorejo, Dukuhseti, Pati, Jakenan hingga Juwana.

“Per hektarnya petani akan memperoleh 25 kilogram benih. Penyaluran pertama di bulan Maret ini kita ada 2.694 hektar dengan total 67.350 kilogram. Sisanya antisipasi bulan berikutnya,” kata Niken.

Petani yang mendapat bantuan benih ini adalah petani yang mana sebelumnya telah mengajukan bantuan kepada pemerintah. Artinya tidak semua petani akan menerima bantuan benih tersebut.

Dia mengungkapkan benih padi ini ditargetkan disalurkan selama tiga pekan di bulan Maret. Sejumlah bantuan tersebut diyakininya bisa tersalurkan semua lantaran saat ini sudah ada beberapa yang dikirim ke kecamatan.

Dengan tersalurkannya benih padi, diharapkan petani masih bisa menanam di bulan Maret. Sementara, petani terdampak banjir yang belum menerima bantuan, dia menegaskan akan segera disusulkan pada bulan April.

“Usulan ke pemerintah provinsi harus sesuai dengan jadwal masa tanam petani. Meski sudah diajukan namun (penyaluran) April bulan depan. Itu seperti yang terjadi di Sukolilo karena belum bisa lantaran masih banjir, jadi usulan penyalurannya April,” paparnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Berlangsung audiensi mempertanyakan tanah sengketa Desa Karangsari Kecamatan Cluwak Pati, Kamis (16/3/2023) Previous post Tanah Negara di Desa Karangsari Tiba-tiba jadi Hak Milik Dipertanyakan
Next post Panwascam di Kudus Diberi Pelatihan Menulis Berita dan Mengambil Foto Dengan Baik
Social profiles