Ciptakan Lingkungan Bersih dan Asri, GenBI IAIN Kudus Lakukan Tanam Pohon dan Bersih Punden

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Sebagai Garda Terdepan dalam Aksi Nyata, Generasi Baru Indonesia (GenBI) IAIN Kudus melakukan bersih punden dan tanam pohon di Punden Ponco Waliko, Karangpanas, Margorejo, Dawe. Mengangkat tema “Alamku, Alam Kita, Rawat Bersama untuk Generasi Berikutnya”, kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh anggota GenBI dan masyarakat Margorejo pada, Sabtu (11/03/2023).

Ketua GenBI IAIN Kudus, Muhammad Rafi Roykhan mengatakan bahwa bersih punden dilakukan sebagai bentuk menghormati leluhur atau sesepuh desa yang telah memberikan kontribusi. Serta memasuki bulan Ramadhan menjadikan momentum untuk ziarah dan bersih kubur yang kerap dilakukan oleh masyarakat Jawa.

Lebih lanjutnya, Rafi melihat area punden yang tidak terawat menggerakkan anggota GenBI untuk membersihkannya. Selain itu juga dilakukan tanam bibit pohon agar suasana disekitar punden terlihat semakin asri. Dirinya jug merasa melalui kegiatan tersebut dapat mempererat tali silaturahmi antar warga masyarakat Margorejo.

“Harapannya untuk menanamkan rasa cinta lingkungan kepada masyarakat sekitar, dan menjaga kebersihan lingkungan sudah menjadi tanggungjawab kita semua,” ucapnya.

Ketua Divisi Sosial dan Lingkungan GenBI IAIN Kudus, Mardliyyatul Chusniyyah mengatakan bahwa kegiatan bersih punden sekaligus menanam bibit pohon agar masyarakat sekitar sadar terhadap tempat-tempat yang dianggap keramat, dan bisa melestarikan peninggalan budaya masyarakat lokal.

“Output yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah terciptanya lingkungan bersih, dan minim resiko bencana alam”, terangnya.

Ia berharap masyarakat semakin perhatian dengan keberadaan Punden Ponco Waliko melalui akti nyata berupa menjaga kebersihan diarea punden. Ia juga merasa senang dengan antusias masyarakat yang juga ikut terjun memberikan punden.

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Foto: Lomba Rebana Klasik yang digelar Minggu (12/3/2023) bertempat di GOR Balai Jagong Previous post DPD BKPRMI Kabupaten Kudus Gelar Lomba Rebana untuk Memeriahkan Bulan Suci Ramadhan
Kepala Bidang Pendapatan pada BPKAD Pati, Zabidi Next post Penerimaan Pajak di Pati sampai Maret 2023 Capai 20 Persen
Social profiles