Cegah Bencana, Dandim Sarankan Warga Demak Lakukan Penanaman Pohon

Foto: Jajaran Kodim 0716/Demak melakukan aksi reboisasi

SAMIN-NEWS.com, DEMAK – Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo menyarankan seluruh warga Kabupaten Demak untuk melakukan penanaman pohon yang berguna untuk mencegah terjadinya bencana alam.

Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo menjelaskan, untuk mewaspadai terjadinya bencana, Warga Demak bisa melakukan upaya melalui pencegahan jangka panjang dengan metode penanaman pohon.

“Penanaman pohon itu tentunya mampu mengikat air tanah sebagai cadangan saat musim kemarau panjang ada, bahkan mencegah terjadinya longsor,” ujarnya.

Dia memberikan contoh saat melakukan penanaman 250 pohon mahoni dan trembesi di sekitar Kota Demak. Faktor manusia juga bisa jadi pemicu terjadinya bencana alam.

“Tentunya ini menjadi tanggung jawab bersama dalam upaya melakukan pencegahan bencana

Lebih lanjut, upaya tersebut diantaranya tidak membuang sampah sembarangan, memangkas daun, ranting terutama untuk pohon yang besar, kemudian menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

“Selain itu selalu bawa payung atau jas hujan selama beraktivitas di luar ruangan dan juga membersihkan saluran air hingga sungai,” imbuhnya.

Mengingat, kata dia, di lingkungan sekitar ada sebagian warga yang belum mampu merawat dan menjaga alam sekitar. Meskipun, tampak sepele, namun akan tetapi pengaruhnya sangat luar biasa.

“Mari jaga lingkungan sekitar agar lebih bersih dan terjaga,” tandasnya.

Dandim 0716/Demak juga memeberikan himbauan kepada warga atau masyarakat Kabupaten Demak untuk selalu menjaga kesehatan di tengah musim pancaroba yang tidak menentu

“Banyak dijumpai warga mudah terserang penyakit seperti batuk, influenza, dan pilek. Maka harapan saya untuk masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dengan istirahat yang cukup,” ujarnya

“Makan yang teratur juga sangat diperlukan dan olahraga secara rutin. Bila perlu, konsumsi vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Foto: Tampak Bupati Demak Eisti'anah bersama jajarannya sedang melepas kontingen atlet POPDA (Istimewa) Previous post Atlet Kontingen Kabupaten Demak Siap Bertanding di POPDA se-Karesidenan Semarang
Next post E-Koran Samin News Edisi 9 Maret 2023
Social profiles