Belasan Pemuda Tongtek di Sukolilo Diamankan Kepolisian

Belasan pemuda diamankan Polsek Sukolilo terkait kegiatan tongtek

SAMIN-NEWS.com, PATI – Belasan pemuda di Sukolilo Kabupaten Pati diamankan oleh aparat kepolisian. Mereka dibawa ke kantor Polsek Sukolilo lantaran aktivitasnya Tongtek yang dianggap meresahkan masyarakat. Tongtek ini dibunyikan untuk membangun orang sahur bagi warga muslim.

Kapolsek Sukolilo, AKP Sahlan mengatakan bahwa Tongtek selain membuat masyarakat resah, juga menjadi pemicu perkelahian antar pemuda bahkan anyar desa. Sehingga hal ini menurutnya harus ditertibkan.

“17 kelompok pemuda Tongtek yang sering memicu perkelahian antar pemuda dan meresahkan masyarakat di Sukolilo diamankan,” kata AKP Sahlan saat dikonfirmasi Samin News, Jumat (24/3/2023).

Dirinya memimpin langsung operasi di awal bulan Ramadhan itu. Tujuannya sebagai upaya preventif dalam menjaga lingkungan tetap kondusif di bulan puasa. Adapun sasarannya adalah ke titik-titik desa yang rawan di wilayah Kecamatan Sukolilo.

Selanjutnya setelah dilakukan pembinaan oleh Polsek Sukolilo, para pemuda yang telah diamankan dalam operasi tonteng tersebut bisa dibawa pulang oleh perwakilan masing-masing, baik itu orang tua, kades dan atau perangkatnya.

Tetapi, dia menegaskan bahwa persyaratannya adalah diwajibkan membuat surat pernyataan masing-masing pelaku yang berisi tentang tidak mengulangi lagi perbuatannya di kemudian hari.

Dia juga menjelaskan, atas kejadian ini Muspika Sukolilo menetapkan kesepakatan yang sudah dibahas bersama mengenai pelarangan kegiatan Tongtek di malam hari.

“Untuk kegiatan tongtek di bulan Ramadhan dilarang karena dapat memicu perkelahian antar desa, di samping itu tongtek sangat meresahkan masyarakat. Tidak boleh membunyikan petasan karena bisa berdampak fatal, kemudian kegiatan tadarus diperbolehkan mengudara maksimal pukul 21.00 WIB,” tandasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Ilustrasi penertiban tempat hiburan Previous post Satpol PP akan Tutup Tempat Hiburan Malam
Foto: Rektor Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) Rusnoto Next post Spirit Pemuliaan Bulan Ramadhan
Social profiles