UMKU dan MDMC Kudus Terjun ke Cianjur Membawa Misi Program Kemanusiaan

Foto: Tampak dua mahasiswi UMKU sedang sibuk menata barang (istimewa)

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) terjun langsung ke wilayah Kabupaten Cianjur Jawa Barat dalam membawa misi program kemanusiaan.

Rektor UMKU Dr. Ns Rusnoto menjelaskan, dalam penerjunan ke Cianjur, pihaknya mendorong sebanyak sepuluh mahasiswa UMKU untuk membantu di Pos Pelayanan Muhammadiyah di Desa Ciputri.

“Dari 10 mahasiswa itu, 6 diantaranya jurusan Farmasi dan 4 lainnya yakni jurusan S1 perawat,” katanya.

Lebih lanjut, pihaknya menerjunkan mahasiswa, karena sebelumnya pada Senin 21 November 2022 Desa Ciputri terdampak gempa sebanyak 5,6 SR di wilayah Kabupaten Cianjur yang cukup parah.

“Penerjunan dilakukan, mengingat desa itu terdampak cukup parah,” jelasnya.

Dalam hal ini, UMKU berkolaborasi dengan MDMC Kudus dalam melakukan optimalisasi pendataan layanan umum. Mulai dari suplay kebutuhan, kesehatan sanitasi dan sirkulasi obat-obatan serta kebutuhan pokok.

“Di Cianjur nantinya akan melakukan optimalisasi pendataan layanan umum berupa kesehatan sanitasi dan juga suplay/pendataan sirkulasi obat-obatan,” tandasnya.

Sebelum mahasiswa terjun, ada Rektor UMKU yang telah meninjau lokasi bersama ketua BPH UMKU dengan membawa bantuan kemanusiaan. Penerjunan itu bertujuan untuk membantu proses pemulihan.

“Kita terjunkan mahasiswa untuk membantu proses pemulihan kembali para korban bencana, dibantu MDMC Kudus nantinya akan saling berkolaborasi membantu warga setempat yang terdampak,” imbuhnya.

Selain program kemanusian, ada juga penerjunan mahasiswa dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik di lokasi bencana. Nantinya untuk mahasiswa UMKU akan bertugas di Cianjur selama dua Minggu.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Foto: Ratusan motor yang terparkir di Polsek Kudus Previous post Sepekan Berjalan, Polres Kudus Tindak 2.286 Pelanggar Lalu Lintas di Operasi Candi
Foto: empat siswa SMP 1 Kaliwungu Kudus yang berhasil membawa gelar juara Next post Membanggakan! Empat Siswa di Kudus ini Raih Juara
Social profiles