Pj Bupati Pati Targetkan Cairkan Bantuan Keuangan Sarpras Perdesaan Sebelum Bulan Puasa

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pj Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro, memimpin acara sosialisasi Bantuan Keuangan untuk Pembangunan Sarana dan Prasarana (Sarpras) Perdesaan Tahun 2023 di Pendopo Kabupaten Pati pada Senin (27/2). Acara tersebut turut dihadiri oleh Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, dan sejumlah kepala dinas terkait beserta seluruh camat dan kepala desa di Kabupaten Pati.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Pati menyampaikan bahwa pihaknya menargetkan pencairan dan pendistribusian bantuan keuangan Sarpras perdesaan dapat diusahakan sebelum bulan puasa agar program tersebut dapat berjalan lebih cepat. Henggar juga meminta Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) untuk meneliti kembali harga satuan agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

“Semua hal yang Bapak Ibu peroleh telah dikomunikasikan sejak awal tahun 2022. Kita akan berusaha agar pencairan dan pendistribusian bantuan Sarpras perdesaan dapat dilakukan sebelum bulan puasa. Saya juga meminta Kepala DPUTR untuk meneliti kembali harga satuan sehingga tidak menimbulkan masalah nantinya”, ujar Henggar.

Lebih lanjut, Henggar menjelaskan bahwa akan dilakukan dua kali kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) agar para peserta dapat mempersiapkan dokumen yang diperlukan secara cermat. Ia juga menegaskan bahwa tanggung jawab program ini ada di tangan semua pihak, termasuk kepala desa dan camat.

Sementara itu, Kepala DPUTR, Riyoso, menyampaikan bahwa tim pengamanan khusus telah disiapkan di beberapa dinas, seperti DPUTR, Bappeda, dan BPKAD, guna menjamin terlaksananya program dengan baik. “Dana bantuan keuangan yang tersedia di DPUTR sebesar Rp 129 miliar 150 juta untuk 318 desa. Sedangkan di DLH ada dua kegiatan senilai Rp 255 juta, lalu Dinporapar Rp 180 juta, dan kegiatan di Disdikbud sebesar Rp 64 miliar 630 juta”, tambah Riyoso.

Diharapkan program bantuan keuangan Sarpras perdesaan tahun 2023 dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat di Kabupaten Pati.

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Foto: Para Relawan Ganjar Pranowo berfoto bersama di Joglo Mbah Wiryo Jalan Merbabu No 25 Boyolali Jawa Tengah Previous post Bogang Kudus Hadiri Kopdar Bersama Relawan Ganjar se-Indonesia
Foto : Iwan Bule saat memberikan tampuk kepimpinan PSSI ke Erick Thohir (istimewa) Next post Erick Thohir Pimpin PSSI 2023-2027, Askab PSSI Kudus: Kepimpinan Beliau Terbaik
Social profiles