Penanaman 7 Ribu Bibit di Kawasan Pegunungan Kendeng

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pati, Tulus Budiharjo saat menanam bibit

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melakukan penanaman bibit pohon di kawasan Gunung Kendeng, yang berada di Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo. Ini dilakukan sebagai upaya penghijauan di kawasan Kendeng.

“Ada 7 ribu bibit ditanam di lahan sekitar 10 hektar. Soalnya penanaman di beberapa titik di Desa Prawoto, jadi enggak ngerti pastinya,” kata Kepala DLH Pati, Tulus Budiharjo, Senin (13/2/2023).

Tulus menyampaikan penanaman yang dilakukannya di Desa Prawoto itu karena kondisi hutan di sana gundul. Sehingga dengan upaya ini diharapkan bisa mengembalikan fungsi hutan sebagaimana salah satunya adalah sebagai tadah hujan.

Dia menjelaskan bibit yang ditanam tersebut adalah tanaman keras dan tanaman buah-buahan di antaranya Buah Kelengkeng, Alpukat, Srikaya dan tanaman keras lainnya.

Masyarakat antusias menyambut penanaman pohon oleh DLH. Tulus mengatakan ada beberapa tanaman jagung yang direlakan masyarakat untuk dipanen lebih awal. Kemudian dijadikan titik lokasi penanaman. Tak hanya itu, setelah ini ada kesadaran bersama untuk menjaga dan merawat.

“Karena ini tanaman berbuah, masyarakat juga akan merasakan hasilnya, tapi juga sadar harus perlu ikut merawat. Selain tanaman semusim yang biasa masyarakat tanam,” terangnya.

Bibit buah-buahan ini dipilih karena pohonnya yang keras bisa menahan dan menyerap air ke dalam tanah. Bahkan, secara fungsinya setelah besar dan berbuah hasilnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Foto bersama usai penanaman bibit pohon di Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo
Foto bersama usai penanaman bibit pohon di Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo

“Agar bisa menopang ekonomi masyarakat sekitar. Tadi masyarakat juga banyak yang membantu. Ke depannya kalau bibit tersedia, rencananya kita akan melakukan penanaman lagi,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Ilustrasi proses input data oleh petugas entry Previous post Gaji Petugas Entry Regsosek Belum Dibayar BPS
Next post E-Koran Samin News Edisi 13 Februari 2023
Social profiles