Kolaborasi Polres dan Dinkes Demak Dalam Pencegahan Stunting

SAMIN-NEWS.com, DEMAK – Kolaborasi Polres Demak dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Demak sangat diperlukan oleh elemen masyarakat lainnya dalam upaya melakukan pencegahan stunting. Tentunya hal itu harus secara komprehensif.

Kepala Kepolisian Resor Demak AKBP Budi Adhy Buono mengatakan, optimalisasi peran masyarakat dalam menekankan penanganan stunting itu harus terpadu. Pihaknya juga telah menyiapkan faskes.

“Dalam upaya membantu program pemerintah yang dalam hal ini Dinkes Demak, kami telah menyiapkan fasilitas kesehatan untuk menangani stunting di Demak,” jelasnya.

Lebih lanjut, hal itu merupakan program prioritas Kapolri dalam mendukung pemerintah terkait percepatan penurunan stunting. Hal itu tentunya dapat merugikan berkepanjangan bagi kualitas anak muda.

“Hal itu menimbulkan kerugian bagi anak muda, yang dapat mempengaruhi generasi masa depan bangsa,” tuturnya.

Sedangkan untuk penanganan stunting harus diawali dengan memperkuat kerja sama seluruh sektor lainnya. Salah satunya yakni Bhabinkamtibmas yang memiliki peran penting di desa.

“Peran Bhabinkamtibmas yang bertugas di setiap desa sangat penting dalam pencegahan stunting,” ungkapnya.

AKBP Budi Adhy Buono melanjutkan, tentunya pencegahan itu dengan cara melakukan pendataan stunting di kelurahan atau di desa. Dapat juga dengan cara mengedukasi kesehatan seksual ke remaja.

“Pencegahan dapat juga dilakukan dengan cara mengedukasi kesehatan reproduksi dan seksual kepada remaja saat ini,” tuturnya.

Selain itu dapat juga memberikan sanitasi, pendidikan pola asuh pada orang tua, menyediakan akses layanan kesehatan, keluarga berencana, dan juga menyediakan akses air bersih.

“Langkah selanjutnya dapat melakukan penyuluhan tentang pencegahan yang diaplikasikan melalui sosialisasi ke sekolah maupun posyandu,” tandasnya.

Sementara itu, Kabid Kesmas Dinkes Kabupaten Demak Sri Puji Astuti menambahkan, dalam penanganan stunting saat ini perlu adanya sinergitas seluruh elemen dalam upaya pengentasan.

Foto bersama Kapolres Demak AKBP Budhy Adhy Buono
Foto bersama Kapolres Demak AKBP Budhy Adhy Buono

“Tentunya penanganan itu tidak mungkin dilakukan sendiri oleh dinkes sendiri. Perlu ada sinergitas antar elemen dalam mengentaskan pencegahan maupun penurunannya,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Previous post Cek Penanganan Stunting, Taj Yasin Kunjungi Puskesmas Mranggen Demak
Next post Polres Demak Gelar Operasi Keselamatan Lalulintas Candi 2023 Jelang Ramadhan
Social profiles