Dukungan DPRD Provinsi Jawa Tengah Terhadap Kebun Nanas di Kudus

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Dukungan Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah Setia Budi Wibowo terhadap kebun nanas di Kudus itu diucapkan saat melakukan kunjungannya bertempat di Desa Pedawang Kecamatan Bae Kabupaten Kudus.

Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah H Setia Budi Wibowo mengatakan, terkait kebun nanas yang baru ini tentunya pihaknya akan selalu memberikan support. Terlebih, jika dikelola oleh BUMDes.

“Pada prinsipnya kami mensupport yang dilakukan oleh warga Desa Pedawang yang akan dikelola oleh BUMDes,” tuturnya.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan tersebut untuk memberikan edukasi seputar wisata di kebun nanas. Terlebih, nanas di kebun milik Desa Pedawang itu banyak beragam jenis varian.

“Intinya kegiatannya yakni edukasi wisata nanas dan ini mendatangkan jenis nanas di Indonesia yang semua jenis nanas ada,” ungkapnya kepada Samin News.

Meskipun untuk tempatnya kurang luas, tetapi hal itu penting untuk selalu diberikan support. Mengingat, kebun nanas hanya ada satu-satunya di Kudus yakni di Desa Pedawang.

“Walaupun tempatnya belum berhektar-hektar namun dari sisi ide ini penting di support. Karena kalau bicara Kudus, kebun nanas itu baru disini (Desa Pedawang),” jelasnya.

Menurut Setia Budi Wibowo, kebun yang sudah diatur dalam bentuk edukasi wisata baginya hal itu sangat unik dan bagus. Terlebih, pengelolaannya saling bergotong-royong.

“Kebun yang diatur dan menjadi edu wisata sendiri juga baru disini dan saya kira unik. Apalagi pengelolaannya tidak sekedar kebun tapi dikelola oleh BUMDes,” tuturnya.

“Bukan hanya pertaniannya atau kebun nanasnya tapi nanti sampai ke pengelolaan nanas dari kulit buah dan lainnya.

Kemudian, nantinya kebun nanas itu akan dijadikan olehnya sebagai tempat penting di Provinsi Jawa Tengah. Sehingga yang diharapkan untuk warga Desa Pedawang bisa tercapai impiannya.

“Mudah-mudahan bisa menjadi icon di Kudus. Ini merupakan bentuk kepedulian kami bagi desa yang memiliki kreativitas dan juga harus di support secara bersama,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur BUMDes Pedawang Rubiyanto menjelaskan, kegiatan tersebut berkolaborasi dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Badan usaha milik desa (BUMDes).

“Kami Pokdarwis kerja bareng BUMDes menghadirkan instansi yang terkait tupoksinya. Dalam hal ini Anggota Komisi B DPR Jateng dan pertanian,” ucapnya.

Acara yang digelar kali ini diharapkan bisa menjadikan wadah bagi warga Desa Pedawang atau ajang bertukar pikiran.

Foto: Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah H Setia Budi Wibowo bersama jajarannya saat berada di kebun nanas Desa Pedawang
Foto: Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah H Setia Budi Wibowo bersama jajarannya saat berada di kebun nanas Desa Pedawang

“Karna Kudus belum ada wadahnya. Jadi acara ini diharapkan agar bisa menjadi jembatan sebagai sharing komunikasi satu sama lain,” bebernya.

Dilain sisi, Ketua Kadin Kudus Safrul Kamaludin dalam kunjungannya kaget melihat Desa Pedawang yang kini memiliki kebun nanas. Hal itu membuktikan bahwa desa tersebut memiliki suatu wisata yang dapat membangkitkan ekonomi.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Previous post Kerja Keras Ayu Khomariani Hasilkan Produk Minyak Balur yang Memiliki Banyak Manfaat
Foto: Kebun nanas yang berada di Desa Pedawang Kecamatan Bae Kabupaten Kudus Next post Kebun Nanas di Desa Pedawang Perlu Dampingan Pemkab Kudus
Social profiles