Ciptakan Aplikasi Prediksi Peminjaman Syari’ah Mahasiswa Kudus ini Raih Juara

Foto: Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kudus pencipta aplikasi prediksi peminjaman syari'ah

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) Abdullah Latif berhasil meraih juara dua tingkat nasional di ajang Orbit Habibie Techfest 2022 usai menciptakan aplikasi prediksi peminjaman syari’ah berbasis web.

Abdullah Latif selaku Mahasiswa Program Studi S1 Ekonomi Syariah UMKU Angkatan 2022 menjelaskan, ciptaannya tersebut ia beri judul Implementasi Credit Syari’ah Menggunakan Algoritma Random Forest.

“Tentunya judul tersebut menggunakan Algoritma Random Forest yang bisa digunakan untuk memprediksi peminjaman,” kata dia.

Lebih lanjut, aplikasi itu dapat memprediksi peminjaman pada salah satu perusahaan credit syariah di Indonesia. Tentunya hal itu akan memberikan kemudahan bagi calon nasabah yang ingin melakukan pembiayaan.

“Selain memprediksi peminjaman, website itu juga sangat mempermudah bagi calon nasabah hendak melakukan pembiayaan syariah,” terangnya.

Sebagai contoh, ketika ada masyarakat yang ingin meminjam uang, tentunya dapat dilihat melalui aplikasi yang diciptakannya itu. Dapat juga memperkirakan calon nasabah itu layak di ACC atau tidak

“Calon nasabah akan mengetahui perkiraan apakah dirinya layak tidaknya mendapatkan acc/according atau tidak,” jelasnya.

Maka dari itu, tentunya memudahkan masyarakat yang hendak melakukan peminjaman di bank. Latif bersyukur dapat menciptakan aplikasi yang bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Khususnya yang membutuhkan modal usaha, tidak perlu repot yang ingin ke bank dahulu. Bisa langsung memakai aplikasi itu,” katanya.

Selain kemudahan yang dapat diakses oleh masyarakat, pihak bank juga diuntungkan dengan kemudahan pada aspek croschek dan efisiensi waktu.

Terkait hal itu, Kaprodi S1 Prodi Ekonomi Syariah UMKU yang juga menjadi pembimbing Yunus Mustakim, M.E, Sy memberikan apresiasi atas inovasi yang diciptakan Latif.

“Tentunya ini sebuah kebanggaan yang luar biasa. Serta dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa dan juga adik kelas lainnya,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Previous post Tekan Angka Kecelakaan, Kapolres Demak Gelar Sosialisasi Keselamatan Berkendara
Next post Bea Cukai Amankan 52 Ribu Batang Rokok Ilegal Berjenis SKM
Social profiles