Ujung Tombak Pemilu, KPU Kudus Gelar Bimtek Bagi Anggota PPK

0
Tampak anggota PPK sedang diberikan Bimbingan Teknis dari jajaran KPU Kudus
Tampak anggota PPK sedang diberikan Bimbingan Teknis dari jajaran KPU Kudus

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus menggelar bimbingan teknis (Bimtek) untuk anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terpilih yang telah dilantik. Mengingat PPK merupakan ujung tombak pemilu.

Anggota KPU Kudus Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM (Sosdiklih Parmas SDM) Ahmad Kholil mengatakan, Bimtek diberikan sebelum anggota PPK melaksanakan tugasnya.

“PPK diberikan bimbingan teknis sebelum bertugas. Namun sebelumnya juga sudah dilantik,” kata dia.

Lebih lanjut, kata dia, pentingnya untuk anggota PPK yang telah dilantik ini diberikan bimbingan teknis. Mengingat, peran badan ad hoc sebagai ujung tombak untuk mengawasi berlangsungnya proses Pemilu.

“Melalui bimbingan teknis yang digelar di Hotel Griptha, anggota PPK juga diberikan pemahaman mengenai teknis penyelenggaraan,” ujarnya.

Ahmad Kholil melanjutkan, selain itu badan ad hoc juga perlu meningkatkan wawasan kepemiluan, kemampuan atau skill pelaksanaan, dan koordinasi antar stakeholder.

“Hal itu menambah nilai plus bagi anggota PPK dalam menghadapi proses pemilu,” tuturnya.

Diketahui, nantinya PPK bertugas untuk membantu KPU dalam membentuk PPS dan KPPS. Ditambah akan melakukan pelaksanaan sesuai tahapan yang berlangsung,

“Nantinya PPK akan membantu KPU dalam distribusi logistik pemungutan suara, dan mengelola data pemungutan suara ulang di wilayah tugas,” paparnya.

Lalu, PPK melaksanakan pemungutan, perhitungan, rekapitulasi suara, dan menyusun laporan pelaksanaan kegiatan sebelum masa kerja berakhir. PPK dan PPS juga perlu menjalin hubungan kerja yang baik kepada semua penyelenggara pemilu.

“PPK dan PPS wajib saling melakukan koordinasi dengan membangun komunikasi antar stakeholder di wilayah kerjanya masing-masing,” pungkasnya.