Satu PPK di Pati Penganut Penghayat Sapta Darma

Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Juwana Supriyanto (kiri) didampingi rohaniwan saat dilantik Ketua KPU Pati Imbang Setiawan (kanan)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 Kabupaten Pati dilantik Rabu (4/1/2023). Ada yang menarik dalam keanggotaan PPK Kabupaten Pati kali ini, yaitu salah satu anggota PPK menganut kepercayaan penghayat Sapta Darma.

Dia adalah Supriyanto, anggota PPK Kecamatan Juwana. Dari total 105 anggota PPK yang dilantik hari ini, dia lah yang mengucap sumpah janji berbeda diambil secara penghayat Sapta Darma yang didampingi rohaniwan.

Dirinya menjelaskan sudah menjadi kewajiban sebagai warga negara ikut terlibat untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta keutuhan bangsa Indonesia. Pemilu dikatakannya menjadi sarana untuk merekatkan bangsa yang besar ini.

“Aslinya ikut PPK dari panggilan batin panggilan jiwa, bahwa kita sebagai penghayat kepercayaan ikut cawe-cawe jogo bangsane. Jadi Pemilu bagian mekanisme menjaga keutuhan bangsa. Kita akan terlibat aktif yang selama ini kita tidak pernah aktif sebagai penyelenggara,” ucap Supriyanto.

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia memberi pelajaran berharga bahwa melalui demokrasi, di mana Indonesia terdiri dari suku, agama dan ras satu sama lain mempunyai peran yang sama di hadapan publik.

“Kami berharap sebagai penghayat kepercayaan diberi peran yang lebih daripada sebelumnya. Sekarang kami senang ada pengakuan setara negara terhadap penghayat kepercayaan,” terangnya.

Supriyanto berharap money politik berangsur hilang atau paling tidak bisa terminimalisir di pemilu mendatang. Tanpa ada kecurangan, damai, bisa menghasilkan pemimpin dan pergantian legislatif, presiden, DPD bisa lancar.

Ketua KPU Pati, Imbang Setiawan menyatakan pelantikan dan sumpah ini selain disaksikan anggota PPK dan tamu undangan, juga disaksikan oleh Tuhan YME, Yang Maha Mengetahui dan kepada-Nya dipertanggungjawabkan.

“Bagi yang beragama Islam ikuti kata-kata saya, demi Allah saya bersumpah. Untuk yang Sapta Darma, dengan mengucap Allah Yang Maha Agung, Allah Maha Rahim, Allah Maha Adil, demi Tuhan Saya Berjanji,” pimpin Imbang.

“Bahwa saya akan memenuhi tugas dan kewajiban saya sebagai anggota Panitia Pemilihan Kecamatan dengan sebaik-baiknya sesuai peraturan perundang-undangan,” lanjut Imbang yang diikuti anggota PPK serentak.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Berlangsung audiensi oleh Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JM-PPK) di Pendopo Pati, Rabu (4/1/2023) Previous post JM-PPK Minta Penambang Karst Kendeng Ditindak
Next post E-Koran Samin News Edisi 04 Januari 2023
Social profiles