Sarpras Stadion Joyokusumo Dinilai Mabes Polri: Kategori Cukup

0
Tim Risk Asesmen dari Mabes Polri saat mengunjungi Stadion Joyokusumo Pati, Selasa (3/1/2023)
Tim Risk Asesmen dari Mabes Polri saat mengunjungi Stadion Joyokusumo Pati, Selasa (3/1/2023)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Stadion Joyokusumo Pati kedatangan tamu dari tim Badan Pemeliharaan Keamanan Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri), Selasa (3/1/2023). Kedatangan ini untuk asesmen kelayakan Stadion Joyokusumo yang digunakan penyelenggaraan kompetisi olahraga.

Ketua tim Risk Asesmen Sistem Manajemen Pengamanan (SMP), Kombes Pol. Achmadi menjelaskan kegiatan ini adalah menindaklanjuti peraturan terbaru Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

Asesmen yang dilakukan ini fungsinya secara umum terkait penyelenggaraan kompetisi olahraga. Jadi bukan hanya untuk perhelatan kompetisi sepak bola liga 2 Indonesia. Dirinya menyebut, stadion yang digunakan even-even kompetisi olahraga harus tersedia infrastruktur yang memadai.

“Sebelum pelaksanaan pertandingan, itu kita harus melakukan Risk Asesmen. Yang dicek meliputi infrastruktur, kegiatan, pengamanan, keselamatan dan lainnya ada 6 item semuanya,” kata Achmadi kepada wartawan.

Hasil asesmen yang dilakukan dari tim Mabes Polri itu, dinyatakan bahwa infrastruktur serta sarana dan prasarana yang disediakan Stadion Joyokusumo dikategorikan cukup.

“Pati (Stadion Joyokusumo) ketemu nilainya 68,64 setara dengan cukup itu. Bunyinya cukup, masalah layak tidaknya itu masukan kepolisian untuk menentukan lebih lanjut,” jelasnya.

“Ada beberapa kita temukan yang kurang memadai, contohnya catering. Sebenarnya stadion harus disediakan ruang catering tapi di sini enggak ada,” sambung dia.

Dari hasil asesmen tersebut, menjadi perhatian pengelola untuk menambah fasilitas sarana dan prasarana Stadion Joyokusumo agar lebih memadai. Dan memberi kenyamanan serta keamanan terjamin bagi pengunjung.