Komisi V DPR RI Kunjungi Tiga Desa di Kabupaten Demak yang Terdampak Rob

0
Foto: Rapat kordinasi Komisi V DPR RI bersama Bupati Demak dan jajaran lainnya di Gedung Grhadikan Bina Praja Demak
Foto: Rapat kordinasi Komisi V DPR RI bersama Bupati Demak dan jajaran lainnya di Gedung Grhadikan Bina Praja Demak

SAMIN-NEWS.com, DEMAK – Komisi V DPR RI bersama jajarannya meninjau tiga desa di Demak yang terkena dampak rob atau banjir. Sebelum itu, anggota DPR RI menemui Bupati Eisti’anah di gedung Grhadika Bina Praja Kabupaten Demak.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw mengatakan, dalam kunjungannya di Kabupaten Demak, ia memantau di tiga tempat yakni, Desa Timbulsloko, Desa Batu, dan Desa Jogoloyo.

“Kedatangan disini untuk meninjau Infrastruktur yang terkena dampak rob. Seperti, di pintu air kali tulung di Desa Batu, dan Calon Terminal Baru di Desa Jogoloyo,” tuturnya.

Banjir rob yang melanda di beberapa titik Kabupaten Demak, menurutnya dapat berpengaruh pada indikasi peningkatan kemiskinan, penurunan kualitas hidup masyarakat, kerusakan ekosistem darat dan laut.

“Tentunya banjir di Demak dapat berpengaruh pada kualitas ekosistem darat dan laut, serta penurunan kualitas hidup masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia juga mengusulkan adanya pelaksanaan preservasi Jalan Nasional Pantura. Hal ini agar dapat menghindari kemacetan dan kecelakaan oleh pengendara.

“Selain Preservasi, juga perlu melakukan revitalisasi terhadap terminal,” kata dia.

Selain itu, pihaknya meminta kepada Kementrian Perhubungan dan Kementrian PUPR dapat melakukan komunikasi serta berkoordinasi dengan Pemkab Demak dalam mengatasi banjir rob.

“Meskipun sebelumnya di wilayah tertentu sudah melakukan kegiatan pengendalian rob dan banjir. Tetap saja pada titik tertentu harus segera ditangani, agar merasa aman,” ungkapnya.

Bupati Demak Eisti’anah mengucapkan terimakasih kepada jajaran Komisi V DPR RI yang sudah hadir. Selain itu ia menyampaikan, permasalahan rob dan banjir ini perlu adanya kolaborasi.

“Terima kasih kepada anggota Komisi V DPR RI yang telah menyempatkan datang di Demak dalam memantau di desa yang terkena dampak banjir,” bebernya.

Dalam menyelesaikan banjir di Demak tentunya perlu kolaborasi dengan pemerintah provinsi dan kementerian yang sesuai bidangnya. Diharapkan kedatangan kunjungan spesifik ini bisa membantu.

“Saya berharap kunjungan ini dapat membantu permasalahan yang ada di Kabupaten Demak,” ujar Eisti’anah.

Lebih lanjut, selain itu, diharapkan Kabupaten Demak dalam mengatasi permasalah ini mendapatkan bantuan dari pemerintah. Mengingat, pihaknya tidak mampu jika menyelesaikannya sendiri.