Kesbangpol Jateng Sasar Mahasiswa Kudus Bentuk Satgas Anti Narkoba

0

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) telah menyasar mahasiswa Universitas Muria Kudus untuk membentuk satuan tugas anti narkoba.

Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Bangsa Kesbangpol Jateng Pradhana Agung Nugraha mengatakan, pihaknya menggandeng UMK untuk membentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

“Kami menggandeng UKM yang bertujuan untuk membentuk satgas di kalangan kampus UMK,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, membantu dalam memberikan sosialisasi toleransi antar umat beragama di Kabupaten Kudus. Dalam pembentukan satgas di wilayah kampus dinilainya juga sangat penting.

“Pembentukan satgas Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (Satgas P4GN) di tingkat mahasiswa sangatlah penting sekali,” ungkapnya.

Menurut Pradhana Agung Nugraha, mahasiswa memiliki jiwa intelektual yang sangat bagus. Selain itu, korban dari penggunaan narkoba kebanyakan dikalangan milenial atau mahasiswa.

“Kebanyakan saat ini korban pemakai narkoba itu mahasiswa, dan juga milenial tentunya. Maka hal ini harus hati-hati,” bebernya.

Diketahui, sebelum Universitas Muria Kudus, Kesbangpol juga sudah membentuk Satgas P4GN di tiga perguruan tinggi di Jawa Tengah. Diantaranya, Solo, Salatiga, Semarang, dan UMK.

“Yang kita bentuk ini merupakan tempat ke empat. Pertama yakni Solo, Salatiga, Semarang, dan ini UMK,” ucapnya kepada Samin News.

Lebih lanjut, selain hal itu Pemprov Jateng juga sudah menerbitkan Perda Nomor 1 tahun 2021 dalam mencegah narkotika. Mekanismenya, pendidikan SMA/SMK dibawah kendali pemrov harus tes urine

“Setelah melakukan tes urine dibawah kewenangan pemprov. Nanti juga menyasar ke universitas tertentu. Intinya bertahap,” terangnya.

Pradhana Agung Nugraha menambahkan, dalam menanggulangi narkoba tentunya bukan hanya urusan pemerintah saja, melainkan ini urusan semuanya. Masyarakat juga harus turut berperan membantunya.

“Ini urusan bersama, bukan hanya satu kalangan saja, jadi tetap mari bersama menanggulanginya,” tuturnya.

Sementara itu Wakil Rektor III UMK, Dr. Sugeng Slamet, S.T, M.T mengatakan, rasa apresiasinya terhadap UMK yang sudah diberikan tempat dalam mensosialisasikan anti narkoba.

Foto: Kegiatan Kesbangpol Jawa Tengah saat berada di Universitas Muria Kudus dalam membentuk satgas anti narkoba
Foto: Kegiatan Kesbangpol Jawa Tengah saat berada di Universitas Muria Kudus dalam membentuk satgas anti narkoba

“Semoga para mahasiswa yang sudah dibentuk, betuk-betul memiliki tekad dan komitmen untuk menjadi garda terdepan dalam pencegahan narkoba,” pungkasnya.