Ini Sejumlah Tuntutan Demo Nelayan Pati

Nelayan di Pati menggelar aksi di sekitar Alun-alun Pati

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sekitar seribuan nelayan di Kabupaten Pati melakukan demonstrasi di sekitar Alun-alun Pati, Jumat (13/1/2023). Mereka menuntut kebijakan dibuat harus pro terhadap nelayan.

Koordinator aksi, Hadi Sutrisno menyampaikan tuntutan nelayan mulai dari tingginya pungutan pajak, penggunaan aplikasi yang ribet, wilayah tangkap yang diminta semakin diperluas.

Dia menjelaskan nelayan dituntut untuk mengikuti kebijakan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 85 tahun 2021 tentang penerimaan Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak. Peraturan ini, pungutan pajak yang dibebankan sebesar 10 persen.

“Di mana dulunya berlaku pra produksi, tetapi sekarang pasca produksi. Bagi kapal 60 GT ke atas dipatok sebesar 10 persen. Kami merasa itu berat sekaligus diterapkan. Pada saat ini terdampak dan bergejolak atas peraturan tersebut, ini yang kesatu,” ujarnya.

Kedua, kata Hadi saat ini nelayan tengah mengalami masa-masa paceklik. Sehingga kebijakan yang baru diimplementasikan seharusnya mempermudah namun justru mempersulit. Yaitu kaitannya dengan e-pit (elektronik penangkapan ikan terukur) berbasis aplikasi bagi pemilik dan nahkoda.

Menurutnya, prosedur berbasis teknologi ini mempersulit nelayan. Padahal SDM nelayan tidak semuanya menguasai. Dan sebelumnya dilakukan manual ada yang belum bisa.

“Ketiga, peraturan kebijakan pembatasan wilayah penangkapan ikan makin diperluas. Keempat, kita minta WPP (Wilayah Pengelolaan Perikanan) yang berdampingan. dulu, wilayahnya ada 711, 712, 713. Saat ini, tidak ada 713,” jelasnya.

Pihaknya berharap aksi yang dilakukannya ini didengar dan dikabulkan. Sehingga diharapkan kebijakan dan peraturan yang dibuat oleh pemerintah nantinya pro terhadap nelayan.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat di Juwana, Kabupaten Pati. Previous post Atasi Banjir, PUPR akan Normalisasi Kali Juwana
Ilustrasi penampakan banjir di Desa Bumirejo Kecamatan Juwana Kabupaten Pati Next post BPBD Pati Sebut Banjir Surut sampai 20 CM
Social profiles