Bulan Desember 2022 Kabupaten Kudus Inflasi Sebesar 0,40 Persen

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kudus Rahmadi Agus Santosa (istimewa)

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Desember 2022 Kabupaten Kudus mengalami Inflasi senilai 0,40 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 113,12. Inflasi terjadi karena ada peningkatan harga yang ditunjukkan oleh naiknya indeks pengeluaran kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau sebesar 1,26
persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kudus Rahmadi Agus Santosa mengatakan, selain itu ada juga delapan kelompok lainnya yang mengalami inflasi di Bulan Desember 2022.

“Delapan kelompok lainnya mengalami inflasi yakni kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,56 persen, kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,10 persen,” jelasnya.

Ditambah kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya sebesar 0,09 persen, kelompok transportasi sebesar 0,08 persen, kelompok pakaian dan alas kaki mengalami inflasi sebesar 0,08 persen, kelompok penyediaan makanan dan minuman restoran sebesar 0,04 persen.

“Kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,03 persen serta kelompok kesehatan sebesar 0,02 persen,” bebernya.

Sementara itu untuk satu kelompok mengalami deflasi, yaitu kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,19 persen. Sedangkan kelompok pendidikan pada bulan Desember 2022 masih stabil.

Dilain sisi komoditas utama yang memberikan andil inflasi yakni telur ayam ras, beras, rokok kretek filter, tomat, dan emas perhiasan. Adapun komoditas utama yang menahan laju inflasi.

“Komoditas yang menahan laju inflasi seperti cabai merah, telepon seluler, udang basah, buncis, dan daging ayam kampung,” kata Agus sapaan akrabnya.

“Untuk tingkat inflasi tahun kalender Januari-Desember 2022 sebesar 6,40 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun Desember 2022 terhadap Desember 2021 sebesar 6,40 persen,” sambungnya.

Lebih lanjut, kata dia, untuk Jawa Tengah pada bulan ini mengalami inflasi sebesar 0,47 persen dengan IHK sebesar 113,34. Untuk nasional mengalami inflasi sebesar 0,66 persen dengan IHK sebesar 113,59.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Previous post Meskipun Cuaca Cerah, Jalan Tanjung Karang Kudus Masih Tergenang Air
Foto: Penampakan jalan lubang yang dapat membahayakan pengendara sepeda motor Next post Jalan Berlubang, Momok Menakutkan Bagi Anak Sekolah dan Warga Sekitar
Social profiles