BPS Kudus Gelar Sensus Pertanian di Tahun 2023

0
Ilustrasi: petani sedang bercocok tanam
Ilustrasi: petani sedang bercocok tanam

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kudus pada tahun 2023 akan menggelar Sensus Pertanian. Hal itu bertujuan untuk memetakan berbagai permasalahan pertanian dan pangan khususnya di Kudus, (16/1/2023).

Kepala BPS Kudus Rahmadi Agus Santosa mengatakan, nantinya di tahun 2023 ini akan ada program Sensus Pertanian (ST) yang menyasar seluruh masyarakat dan petani pangan di Kudus.

“Untuk Sensus Pertanian (ST) nantinya BPS akan mendata khususnya pada sektor pertanian untuk di Kudus,” jelasnya kepada Samin News.

Lebih lanjut, untuk sektor pertanian nantinya BPS akan mendata kepada petani tanaman pangan, petani holtikultura, petani perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan dan jasa.

“Dalam Sensus Pertanian, BPS mendata beberapa elemen yang terkait pertanian. Jadi semua akan kita data. Yang bukan petani juga akan kita data,” terangnya.

Rahmadi Agus Santosa melanjutkan, selain itu pihaknya akan mendata rumah tangga petani yang memiliki sawah dan tanah serta perorangan yang mempunyai perusahaan pertanian di suatu wilayah tertentu.

“BPS juga akan mendata rumah tangga petani yang memiliki sawah dan tanah,” ujar Agus sapaan akrabnya.

Ia menyebut, bagi yang tidak memiliki sawah nantinya BPS akan tetap mendata melalui listing. Selain itu bagi ASN yang memiliki sawah juga akan didata.

“Jika gak punya sawah akann tetap didata awal, namanya listing. Jika ASN yang punya sawah atau apa akan tetap didata. Intinya menyasar semua,” pungkasnya.