Bawaslu Demak Hadiri Pelantikan 747 Anggota PPS, Khoirul: Harus Jaga Integritas

SAMIN-NEWS.com, DEMAK – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Demak menghadiri pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebanyak 747 yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ketua Bawaslu Demak Khoirul Soleh mengatakan, sebanyak 747 anggota PPS Kabupaten Demak telah dilantik dan diambil sumpahnya oleh pihak KPU yang bertempat di Alun-alun Demak.

“KPU Demak melantik sebanyak 747 anggota PPS dan diambil sumpahnya pada kali ini,” bebernya.

Setelah pelantikan, lanjut Khoirul, dilanjut dengan apel kesiapan penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024. Selain itu ia berharap, untuk PPS tetap memperhatikan kesiapan mental.

“Tidak hanya berhenti di ranah teknis juga tapi kesiapan mental harus juga diperhatikan kedepan,” tuturnya.

Lebih lanjut, kata Khoirul, PPS juga harus siap dalam menjaga integritasnya. Imbauan ini akan terus disuarakan sebagai antisipasi terjadinya sengketa ataupun pelanggaran proses di pemilu 2024 mendatang.

“Untuk PPS nanti harus bisa menjaga integritasnya, agar untuk mengantisipasi terjadinya sengketa di pemilu mendatang,” bebernya.

Terlebih, pihaknya menemukan pengurus partai politik mengikuti proses perekrutan PPS yang luput dari seleksi administrasi pendaftaran. Namun hal itu tentunya sudah ditindaklanjuti oleh KPU Demak.

“Meskipun sudah di tindak, namun bukan berarti ada temuan serupa untuk kedepannya,” ucap dia.

“Kami juga telah memetakkan titik rawan dalam setiap tahapan pemilu. Hasilnya nanti akan ditindaklanjuti melalui berbagai pencegahan, seperti sosialisasi, koordinasi atau himbauan,” sambungnya.

Foto: Ketua Bawaslu Kabupaten Demak Khoirul Sholeh saat sedang melakukan tanda tangan
Foto: Ketua Bawaslu Kabupaten Demak Khoirul Sholeh saat sedang melakukan tanda tangan

Terkait hal tersebut, sinergitas antar elemen juga diperlukan dalam membantu menyukseskan pemilu yang bermartabat.

Sementara itu, Bupati Demak Eisti’anah juga berpesan kepada para anggota PPS yang usai dilantik untuk menjaga integritas dan memiliki komitmen yang kuat. Mengingat hal itu sesuai sumpah janji yang diucapkan.

“Untuk peserta PPS tetap jaga kebugaran tubuh dan kesehatan, agar kejadian di masa lampau tidak terulang lagi,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Ambulance milik Yayasan Sedekah Jama’ah (Sejam) saat mengantar warga kurang mampu pergi berobat secara gratis Previous post Komitmen Yayasan Sejam Peduli Warga Duafa
Next post E-Koran Samin News Edisi 25 Januari 2023
Social profiles