Pemkab Pati Terima DIPA 2023 dari KPPN

Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pati, Marno (istimewa)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2023 yang diserahkan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) lingkup Pati.

Penyerahan DIPA selajutnya diserahkan secara simbolis oleh Pj Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro kepada Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) satuan kerja se-wilayah Kabupaten Pati, Jumat (16/12/2022). Sedikitnya pada kegiatan tersebut telah diserahkan 30 DIPA dari 22 satuan kerja Kementerian/Lembaga lingkup Kabupaten Pati.

“Dengan nilai Rp 436,87 miliar, yang terdiri dari Belanja Pegawai sebesar Rp 246,43 miliar, Belanja Barang sebesar Rp 170,86 miliar, Belanja Modal sebesar Rp 18,47 miliar dan Bantuan Sosial sebesar Rp 1,1 miliar,” kata Kepala KPPN Pati Marno dalam laporan tertulis.

Selain DIPA K/L, juga diserahkan alokasi Transfer Ke Daerah (TKD) Tahun 2023. Di mana Pemkab Pati menerima alokasi dana sebesar Rp 2,04 triliun yang terdiri dari Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Desa serta Insentif Fiskal Daerah.

Penyerahan DIPA 2023 ini, sebagaimana arahan dari Presiden dan Menteri Keuangan agar dapat dilaksanakan sesegera mungkin di awal tahun. Sehingga output yang direncanakan dapat segera dihasilkan dan masyarakat dapat merasakan manfaat dari berbagai hasil yang dibiayai dari dana-dana APBN tersebut secara maksimal, dan menjaga momentum pemulihan ekonomi.

Dia menyatakan diperlukan berbagai upaya dan langkah-langkah strategis untuk terus meningkatkan kualitas pelaksanaan APBN. Di antaranya melakukan percepatan penyerapan anggaran pada awal tahun anggaran serta melakukan proses pengadaan barang/jasa pada bulan Desember 2022.

“Lalu melakukan percepatan realisasi kontrak pada triwulan I untuk pengadaan barang/jasa dibawah Rp 200 juta, meningkatkan kualitas perencanaan kegiatan dan keuangan serta melakukan revisi Rencana Penarikan Dana pada Halaman III DIPA secara berkala setiap Triwulanan,” jelas Marno.

Berikutnya rutin melakukan rapat internal yang dipimpin oleh KPA bersama seluruh pengelola keuangan, memprioritaskan produk-produk Dalam Negeri (PDN) dan produk-produk UMKM lokal untuk mendukung kebutuhan operasional di masing-masing unit kerja, nelaksanakan anggaran dengan efisien, efektif, cermat, akuntabel dan tepat sasaran serta menjauhi segala perilaku korupsi.

“Semoga APBN Tahun 2023 dapat hadir di tengah-tengah masyarakat untuk terus mendorong terwujudnya pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, membuka lapangan kerja dan mampu mengurangi jumlah masyarakat miskin serta dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat yang makin baik untuk masyarakat,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Alokasi Transfer Ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran 2023 Previous post Serapan Anggaran Pemkab Pati Dinilai Cukup Positif
FGD lintas sektoral di Ruang Penjawi Setda Pati, Rabu (21/12/2022) Next post Kendeng bakal Diterapkan Konsep Agroforestry
Social profiles