Pemda Pati Salurkan Bantuan Perbaikan Rumah Terdampak Banjir Rp 240 Juta

Pemkab Pati bersama Baznas salurkan bantuan uang untuk perbaikan rumah terdampak banjir di Balaidesa Sinomwidodo, Rabu (14/12/2022)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pati menyerahkan bantuan rekonstruksi rumah yang sebelumnya terdampak banjir bandang pada akhir November 2022 kemarin. Anggaran keseluruhan sebanyak Rp 240 juta disalurkan.

Bantuan berupa uang itu untuk perbaikan puluhan rumah rusak. Penerima bantuan ini bagi masyarakat di beberapa desa di Pati. Di antaranya Desa Godo dan Gunungpanti Kecamatan Winong, Desa Sinomwidodo, Desa Karangwono dan Desa Angkatan Kidul Kecamatan Tambakromo.

Bantuan diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro. Selain itu juga disaksikan oleh Baznas, Dinsosp3akb, OPD terkait serta penerima bantuan.

Berdasarkan data Baznas penerima bantuan itu di Desa Godo sebanyak 7 rumah kategori roboh, masing-masing mendapat Rp 10 juta. Desa Gunungpanti total Rp 37 juta.

Kemudian di Desa Sinomwidodo 2 rumah roboh sejumlah Rp 20 juta, 8 rumah rusak berat Rp 40 juta, dan 40 rumah rusak sedang senilai Rp 40 juta. Desa Karangwono 8 rumah rusak kategori berat senilai Rp 16 juta, 14 rumah rusak sedang sejumlah Rp 14 juta.

Kemudian di Desa Angkatan Kidul ada 3 rumah rusak kategori sedang masing-masing menerima sejuta. Dari total tersebut, total keseluruhan bantuan perbaikan rumah rusak sebesar Rp 240 juta.

“Bantuan uang untuk perbaikan rumah ini adalah menindaklanjuti instruksi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk penanganan pasca bencana banjir bandang,” kata Henggar, Rabu (14/12/2022).

Henggar melanjutkan, setelah beberapa waktu lalu gubernur Jawa Tengah meninjau ke lokasi banjir. Kemudian, Pemerintah Kabupaten Pati mendata rumah warga yang terdampak. Dengan menggandeng Baznas hingga Bank Jateng.

Sementara Ketua Baznas, Imam Zarkasi bantuan uang untuk perbaikan rumah ini diharapkan keadaan situasi dan kondisi masyarakat segera pulih kembali. Termasuk beban emosional yang dialami masyarakat berangsur hilang.

“Dari pihak Baznas semoga segera bangkit, dan lekas pulih setelah menerima bantuan. Jadi jangan sedih berlarut-larut,” ujarnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati, Aviani Tritanti Venusia saat acara Bakti Sosial di RSUD Soewondo, Rabu (14/12/2022) Previous post Pengetahuan Penanganan Katarak di Pati Diakui Minim
Kepala Sentra Margo Laras Pati, Jiwaningsih (kanan) Next post Margo Laras Pati Gelar Operasi Katarak Gratis di RSUD Soewondo
Social profiles