Juwana Macet Karena Pembangunan Jembatan

Kondisi lalu lintas di Juwana, Selasa (27/12/2022)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemkab Pati mendirikan pos pengamanan (pospam) Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di dua titik, yaitu di Alun-alun Pati dan Juwana. Pospam didirikan untuk mengatur lalu lintas utamanya ketika terjadi kemacetan.

Yang menjadi perhatian utama adalah lalu lintas di Juwana, karena jembatan Juwana saat ini masih dibangun. Sehingga tak pelak menimbulkan kemacetan lalu lintas yang notabenenya sebagai jalan nasional.

Kapospam Juwana AKP Sutamto mengatakan, lalu lintas di jalan Pantura Juwana meski diakuinya terjadi kepadatan namun masih bisa dikendalikan. Menurutnya, kemacetan bukan karena libur Nataru. Akan tetapi disebabkan karena pembangunan jembatan Juwana.

“Hanya hambatan karena pembangunan jembatan Juwana, itu pun insyaallah dari pak Bupati Maret sudah jadi. Merayap karena jalan dijadikan satu, kemudian jalan jadinya rusak dilalui oleh muatan berat,” kata AKP Sutamto di Pospam Juwana, Selasa (27/12/2022).

Kendati demikian, pihaknya mengatakan kemacetan hanya terjadi di sekitar jembatan Juwana jalur selatan yang dulunya hanya dilalui kendaraan satu jalur dari arah timur. Berdasarkan pengamatannya lalu lintas padat tidak ada satu kilometer, kurang lebih 500 meter.

Di sisi lain, Kecamatan Juwana sebagai wilayah pelabuhan tentu ramai aktivitas masyarakat yang bekerja di pelabuhan. Wilayah di sekitarnya juga banyak yang kerja di Juwana. Sehingga kemacetan sudah bisa diprediksi.

“Pagi hari saat berangkat dan sore hari ketika pulang kerja itu yang memicu kemacetan karena banyak yang kerja di pelabuhan. Kendaraan didominasi tronton, kontainer, kendaraan berat,” jelasnya.

Untuk mengatur lalu lintas di Juwana, dirinya dibantu dengan petugas lainnya. Setidaknya di pospam Juwana diberlakukan tiga shift, petugas bergantian.

“29 kali 3 jadi ada 87 petugas yang berjaga dan mengatur lalu lintas. Komplit dari kesehatan, TNI, linmas pun juga dilibatkan,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro saat meninjau pelayanan di RSUD RAA Soewondo Pati Previous post Akreditasi RSUD Soewondo Hasilnya Keluar Pertengahan Januari
Next post Catatan Kritis KUHP Baru Oleh : Pudjo Rahayu Risan
Social profiles