Bersumber DID Rp 5,2 Milliar, Disdag Kudus Bagikan 26.400 Sembako Murah

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus membagikan 26.400 sembako murah kepada warga Kudus yang bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) senilai Rp 5,2 Milliar. Kemudian sembako murah itu didistribusikan ke 123 desa dan 9 kelurahan di 9 kecamatan Kabupaten Kudus, Rabu (7/12/2022).

Kepala Bidang Fasilitasi Perdagangan Promosi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kudus Minan Mochamad mengatakan, dalam pembagiannya, masing-masing desa atau kelurahan mendapatkan jatah 200 paket sembako murah.

“Dalam pembagian sembako, masing-masing desa mendapatkan 200 paket untuk warga,” terangnya kepada Samin News.

Lebih lanjut, kata Minan sapaan akrabnya, sembako yang didistribusikan itu dimulai sejak Sabtu (3/12) kemarin, bertempat di Kecamatan Dawe dibarengi dengan penutupan Pasar Rakyat di kecamatan setempat oleh Bupati Kudus Hartopo.

“Pembagian sembako ini dimulai sejak Sabtu (3/12) kemarin saat penutupan pasar rakyat,” tuturnya.

Dilanjutkan dengan pendistribusian paket sembako murah di Kecamatan Kota dan Kaliwungu pada Senin (5/12) kemarin. Selain itu, hingga Jumat (9/12) yang dilanjutkan kecamatan lainnya.

Minan mengungkapkan, untuk pendistribusian sembako murah itu sebenarnya dilakukan mulai 6-9 Desember 2022. Namun berhubung Bupati Kudus Hartopo izin pergi umrah maka jadwalnya diajukan.

“Nilai per paket sembako murah didistribusikan senilai Rp 174 ribu, kemudian yang akan dijual ke masyarakat sekitar Rp 50 ribu per paket,” ujarnya.

Paket sembako murah itu terdiri, bawang merah setengah kilo, bawang putih setengah kilo, susu kaleng, beras 2 kilogram, gula 2 kilogram dan minyak goreng 2 liter. Teknis pemilihan peserta yang mendapat sembako diserahkan ke kecamatan.

“Kami serahkan kecamatan yang mengaturnya, nanti kecamatan langsung ke desa,” ucap Minan saat ditemui di Kantor Disdag.

Sementara itu, Lurah Wergu Wetan Solikul Hadi menyebut, pihaknya telah membagikan sembako murah bertempat di Balai Desa Wergu Wetan. Namun sebelumnya, sembako itu akan dibagikan ke Kantor Kecamatan.

“Dibagikan sembako di aula Balai Desa Wergu Wetan. Sebelumnya berencana akan di Kantor Kecamatan tapi batal. Hal itu agar pengambilan sembako lebih dekat dan tidak perlu jauh-jauh,” sebutnya.

Hadi sapaan akrabnya menambahkan, 200 paket sembako untuk teknis pembagiannya telah dikoordinasikan dengan masing-masing RT. Agar pihak RT dapat menyasar warga yang ingin menebus paket sembako murah seharga Rp 50 ribu.

“Untuk di Wergu Wetan ini ada 27 RT. Jadi untuk teknis pembagian dan komplen tanggung jawabnya pihak RT setempat,” pungkasnya.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Siswa - siswi SMP Tahfidz Duta Aswaja Kudus saat gelar karya bertema kewirausaha Previous post Gelar Karya, Siswi SMP Tahfidz Duta Aswaja Diajarkan Berwirausaha
Foto: Tampak Peserta Serius Menghadapi Test Cat PPK yang diawasi oleh Ketua KPU Kudus Naily Syarifah Next post 541 Peserta Calon PPK Jalani Tes Cat di SMKN 1 Kudus
Social profiles