Anggota DPRD Pati Banyak Tak Hadir, Pembahasan Raperda Minimum Alkohol Ditunda

Suasana rapat paripurna DPRD pada Jumat (23/12/2022), banyak kursi yang kosong

SAMIN-NEWS.com, PATI – Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati yang digelar di Ruang Paripurna kantor DPRD setempat, Jumat (23/12/2022) tentang Minuman Beralkohol (Minol) terpaksa ditunda. Penundaan paripurna ini karena tidak memenuhi persyaratan.

Sebagai informasi DPRD Kabupaten Pati dijadwalkan rapat paripurna dengan tiga agenda. Pertama yaitu penandatanganan Nota Kesepakatan Propemperda 2023.

Kedua penyampaian Hasil Evaluasi Gubernur Jateng terhadap Raperda tentang APBD Kabupaten Pati Tahun 2023. Dan ketiga penyampaian Pendapat Akhir Fraksi dan Persetujuan Bersama Terhadap Raperda tentang Pengendalian dan Pengawasan Minuman Beralkohol (Minol).

Ketua DPRD Pati, Ali Badrudin menjelaskan rapat paripurna tentang persetujuan bersama terhadap Raperda Pengendalian dan Pengawasan Minuman Beralkohol (Minol) itu lantaran jumlah anggota yang hadir tidak memenuhi syarat yang ditetapkan.

Jumlah keseluruhan Anggoro DPRD Kabupaten Pati sebanyak 50 anggota, akan tetapi hanya dihadiri 26 anggota. Padahal, menurutnya sesuai tata tertib (Tatib) untuk persetujuan bersama dihadiri 2/3.

“Sesuai tatib DPRD yang hadir untuk persetujuan itu 2/3, sementara kalau hanya (paripurna) penyampaian dan hasil fasilitasi gubernur itu bisa setengah + 1 dari jumlah anggota DPRD. Hari ini yang hadir cuman 26 anggota,” ucap Ali kepada awak media.

Sehingga Raperda Minol yang dijadwalkan dibahas dalam forum itu akhirnya terpaksa ditunda. Berdasarkan tatib tersebut, paripurna hanya membahas dua agenda.

“Paripurna dipengaruhi pada kehadiran anggota. Persetujuan bersama tentang Perda minuman beralkohol enggak jadi,” ujarnya.

Mengingat sebentar lagi sudah pergantian tahun anggaran dan harus menyusun jadwal persidangan, besar kemungkinan Raperda tentang Pengawasan dan Pengendalian Minol itu akan dibahas tahun 2023.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Foto bersama pimpinan DPRD dengan Pj Bupati Pati usai menandatangani nota kesepakatan pada Rapat Paripurna, Jumat (23/12/2022) Previous post Rapat Paripurna DPRD Pati: Propemperda 2023 ada 11 Poin
Pendidikan politik yang diberikan oleh para Kader Hanura Kudus bertempat di Resto Amanah Honggosoco Jekulo Next post Harlah ke-16, DPC Hanura Kudus Siap Berkontribusi Untuk Masyarakat
Social profiles