94 Hektar Sawah Tergenang Air sebab Banjir di Banjarsari

Banjir di Desa Banjarsari Kecamatan Gabus, Sabtu (3/12/2022)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Tak hanya Mintobasuki, banjir juga merendam ratusan rumah warga Desa Banjarsari, Kecamatan Gabus Kabupaten Pati. Banjir sudah tiga hari ini merendam desa setempat dengan ketinggian mencapai 70 centimeter.

Kadus Biteng, Desa Banjarsari Marzuki mengatakan bahwa banjir telah berdampak pada 175 rumah se-Banjarsari dan khusus Dukuh Biteng sebanyak 37 rumah. Air juga diperkirakan akan terjadi mengingat musim hujan yang cenderung belum pada puncaknya.

“Ketinggian permukaan air antara 30 – 70 centimeter di jalan. Sedangkan di dalam rumah sekitar sampai 30 centimeter itu kondisi terkini,” kata Marzuki, Sabtu (3/12/2022).

Menurut dia Desa Banjarsari merupakan wilayah di dataran rendah. Ketika musim hujan datang jelas warga merasa was-was akan kondisi keselamatannya. Sehingga pihak Pemerintah Desa melakukan sejumlah langkah antisipasi ketika terjadi banjir.

“Maka ketika mendengar informasi dari atas kita sudah persiapan. Termasuk mengantisipasi dengan mendirikan tenda untuk evakuasi,” Marzuki menjelaskan.

Pendirian tenda itu didirikan di akses lokasi masuk desa dari jalan utama. Kemudian, untuk mengantisipasi dampak lebih parah terhadap banjir, warga telah menitipkan kendaraan sepeda motor dan mobil. Adapun saat ini sudah diungsikan ke daerah timur desa yang lokasinya cukup tinggi.

Lebih lanjut dia menerangkan banjir yang melanda sudah tiga hari itu menyebabkan area terendam dan ludes tak kelihatan. Seluas 94 hektar semuanya terendam yang kini sudah berumur 1,5 bulan, bahkan ada yang hampir dua bulan. Sementara kerugian total diperkirakan mencapai Rp 900-an juta lebih.

“Kemungkinan akan terjadi banjir susulan, karena cuaca seperti ini kalau di selatan hujan pastinya turunnya di wilayah sini,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Korban Banjir Mintobasuki ‘Rangen’ Harap Bantuan Kesehatan Datang
Next post Serikat Pekerja Rokok Usulkan UMK Kudus Naik Rp 2.533.000
Social profiles