Tingkatkan Perekonomian, Pemerintah Kecamatan dan Desa Gelar Expo di Jati

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Dalam meningkatkan perekonomian para UMKM, pemerintah kecamatan bersama pemerintah desa menggelar expo bertempat di Graha Mustika Getas Pejaten Kecamatan Jati Kudus selama tiga hari mulai 8-10 November 2022, Rabu (9/11/2022).

Camat Jati Fiza Akbar mengungkapkan, expo yang digelar saat ini menampilkan sebanyak 53 stand UMKM yang merupakan dari 14 desa beserta perwakilan yang hadir di gedung tersebut.

“Dalam expo ini, kita tampilkan sebanyak 53 stand dari 14 desa yang berpartisipasi didalamnya dan perwakilan setiap desa. Dan diluar dari masyarakat umum sehingga kita berkolaborasi agar desa bisa terwadahi,” jelasnya kepada Samin News.

Fiza sapaan akrabnya melanjutkan, expo yang digelar selama tiga hari itu merupakan bentuk dari kolaborasi yang pendanaannya dari semua pihak mulai dari pemerintah kecamatan dan desa.

“Expo ini merupakan bentuk kolaborasi. Karena pendanaan dari semua pihak mulai dari pemerintah kecamatan, desa dan semua yang terlibat dianggarkan melalui APBDes perubahan,” ungkapnya.

“Kalau kecamatan itu awalnya dari sisa anggaran dari kepesertaan expo yang selama ini ada di alun-alun. Terkait itu di dukung semua oleh desa meski hanya 10 juta. Alhamdulillah bisa terealisasi,” sambungnya.

Lebih lanjut, dengan digelarnya expo tersebut harapannya bisa meningkatkan perekonomian warga dan para UMKM. Kegiatan itu juga mendapat dukungan oleh peserta karang taruna yang turut membantu.

“Harapannya bisa meningkatkan perekonomian para warga. Selain itu didukung temen temen katang taruna,” terangnya.

Dalam event expo yang digelar tiga hari itu, pihaknya juga mengadakan lomba seperti mewarnai, dance, karaoke, dan lain-lain. Adapun dirinya bercerita mengenai produk lokal unggulan desa yang dikeluarkan untuk mendorong produk itu supaya dikenal.

Tampak expo yang digelar di Gedung Graha Mustika Kudus
Tampak expo yang digelar di Gedung Graha Mustika Kudus

Dedi warga Undaan yang mendatangi expo itu mengatakan, bahwa expo yang digelar itu sangat bagus. Banyak produk produk asli desa yang ingin dibelinya.

“Saya kebetulan tadi lewat daerah sini. Kebetulan sekalian mampir iseng-iseng. Ternyata bagus. Sirup yang ada disini juga enak,” katanya saat ditemui di gedung Graha Mustika.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Previous post E-Koran Samin News Edisi 8 November 2022
Kepala Disbudpar Kudus Mutrikah saat menjelaskan tentang relokasi Taman Menara kepada Pedagang Kaki Lima Next post PKL Taman Menara Kudus Legowo Jika Direlokasi ke Terminal Bakalan Krapyak
Social profiles